Pabrik Unit CKD Mitsubishi Diresmikan RI-1
Langsung beroperasi setelah proses pembangunan selama 2 tahun
April 26 2017

By ALDI PRIHADITAMA
news Pabrik Unit CKD Mitsubishi Diresmikan RI-1


Dengan optimisme besar dalam pasar otomotif Tanah Air yang terus bergerak, Mitsubishi melangkah serius untuk semakin kompetitif. Sehingga keputusan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) untuk membangun pabrik manufaktur dengan total investasi 65 miliar Yen (atau setara US $565 juta) yang didukung oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ini dirasa menjadi hal yang tepat.

Setelah dua tahun, proses pembangunan pabrik yang bertempat di Kawasan Industri GIIC Deltamas, Kabupaten Bekasi ini akhirnya rampung sesuai jadwal. Pabrik ini didirikan secara bersama oleh MMC, Mitsubishi Corporation (MC), dan PT Krama Yudha (KY) sebagai mitra di Indonesia. Usai diresmikan pada 25 April 2017, pabrik ini mulai beroperasi untuk memproduksi kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) Mitsubishi Pajero Sport, dan dilanjutkan dengan produk Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater terbaru serta Light Commercial Vehicle (LCV) Mitsubishi Colt L300.

Pembukaan pabrik baru Mitsubishi yang memiliki kapasitas produksi 160 ribu unit per tahun ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, termasuk Carlos Ghosn (Chairman of MMC) serta Osamu Masuko (Chief Executive Officer MMC).

“Indonesia semakin kompetitif dalam industri otomotif global. Dengan dibukanya pabrik baru Mitsubishi ini, ada sekitar tiga ribu tenaga kerja yang diserap. Hal ini tentu saja terkait dengan adanya investasi, karena investasi membuka lapangan kerja. Oleh karena itu, investor jangan dipersulit,” ujar Presiden Joko Widodo.

Pabrik baru ini juga sekaligus menjadi bagian dari strategi pengembangan bisnis MMC di wilayah Asia Tenggara (ASEAN), selain pabrik kendaraan MMC yang ada di Thailand dan Filipina. Rencana pengembangan perusahaan didukung pula oleh Nissan, yang telah memiliki 34% saham grup otomotif pada tahun 2016, saat MMC masuk ke dalam aliansi global Renault-Nissan Alliance.

“Pabrik ini merupakan representasi kepercayaan diri kami di Indonesia, di wilayah ASEAN dan pada prospek perkembangan Mitsubishi Motors. Kami bangga dapat turut menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi di salah satu wilayah dan kekuatan ekonomi terbesar. Yang akan menjadi basis produksi dan ekspor kuat untuk aliansi kami yang sedang berkembang,” jelas Carlos Ghosn.

“Fasilitas perakitan di Bekasi ini meripakan simbolisasi ambisi kami untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia, karena pabrik ini akan memproduksi Mitsubishi Pajero Sport dan MPV terbaru untuk memenuhi permintaan pasar akan kendaraan penumpang berkualitas tinggi, tangguh, dan dapat diandalkan,” imbuh Osamu Masuko.


Related Article


Advertising



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik