Sunday 15th of September 2024

Profil Bendungan Semantok Nganjuk, Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara yang Baru Diresmikan Presiden Jokowi

×

Profil Bendungan Semantok Nganjuk, Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara yang Baru Diresmikan Presiden Jokowi

--

ASCOMAXX.com – Salah satu bendungan yang menjadi perhatian baru-baru ini adalah Bendungan Semantok. Artikel berikut ini adalah informasi mengenai profil Bendungan Semantok, Nganjuk yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2022. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa, kapasitas tampung Bendungan Semantok sangat besar, yakni 30,26 juta meter kubik. Bendungan tersebut diketahui memiliki luas genangan air 365 hektare dan mampu mengairi 1.900 hektare sawah.


Baca juga: Khofifah Optimis Bendungan Semantok Nganjuk Bisa Tingkatkan Kuantitas Pertanian

Baca juga: Panduan Nonton Anime Bleach Urut dan Lengkap, dari Arc The Substitute Hingga Thousand-Year Blood War

Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Randugunting Berikut Lokasi, Jam Operasional, dan Harga Tiket Masuknya

Sang Kepala Negara juga berharap, Bendungan Semantok ini bisa bermanfaat bagi petani di Kabupaten Nganjuk dan di Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengungkapkan, Bendungan Semantok adalah bendungan ke-30 yang diresmikan pemerintah.

Spesifikasi Bendungan Semantok, Nganjuk

Diketahui jika pembangunan bendungan Semantok Nganjuk telah menelan biaya hingga Rp 2,5 triliun yang mana dimulai pada tahun 2017 lalu. Awalnya, proyek strategis nasional ini hanya dianggarkan dengan biaya Rp 805 miliar.

Berdasarkan beberapa sumber, kenaikan biaya terjadi karena ada perubahan jenis timbunan yang menyebabkan penambahan volume. Kenaikan tersebut juga dikarenakan berubahnya lokasi quarry batu hingga karena adanya penyesuaian pemindahan jalan provinsi.

Sumber:

UPDATE TERBARU