Tuesday 17th of September 2024

Kumpulan Kultum Ramadhan Singkat tentang Kehidupan Sehari-hari, Cocok Untuk Materi Ceramah Sambil Ngabuburit

×

Kumpulan Kultum Ramadhan Singkat tentang Kehidupan Sehari-hari, Cocok Untuk Materi Ceramah Sambil Ngabuburit

--

Nah, kali ini kami akan memberikan contoh kultum singkat 5 manit berikut.

Contoh Kultum Ramadhan Singkat Menit tentang KehidupanSehari-hari

Contoh 1:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pertama-tama dan paling utama, marilah kita panjatkan syukur kehadirat Allah sebab karena kebaikan-Nya kita bisa berkumpul di acara yang diberkahi ini.


Tak lupa, semoga selawat dan salam senantiasa tercurah dan terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat, dan sampai kepada kita umatnya yang InsyaAllah taat dengan sunah-sunahnya.

Lewat kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya menyampaikan sebuah contoh kultum singkat tentang kebaikan. Lantaran sejatinya, Islam adalah agama penuh kebaikan yang memerintahkan setiap manusia untuk berbuat baik kepada sesama. Ada beberapa dalil dari kitab Al-Qur’an dan hadis yang menerangkan kalau berbuat baik itu hal penting dalam sudut pandang Islam.

Contohnya dalam sebuah penggalan ayat Al-Qur’an yang berbunyi:

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri…” (QS. Al-Isra: 7)

Kemudian dalam ayat lain, Allah secara terang benderang menyebut jika kita harus berbuat baik kepada sesama, dimulai dari orang terdekat, seperti orang tua dan tetangga kita.

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. An-Nisa: 36)

Baca juga: Contoh Kultum Kehidupan Sehari hari dengan Pembahasan yang Ringan Namun Berisi

Baca juga: Kumpulan Contoh Makalah Tulis Tangan, Bisa Jadi Referensi Para Murid dan Mahasiswa!

Baca juga: Contoh Desain Banner Bukber Keren, Bisa Jadikan Referensi di Bulan Ramadan Ini!

Sumber:

UPDATE TERBARU