Monday 9th of September 2024

Kumpulan Kultum Ramadhan Singkat tentang Kehidupan Sehari-hari, Cocok Untuk Materi Ceramah Sambil Ngabuburit

×

Kumpulan Kultum Ramadhan Singkat tentang Kehidupan Sehari-hari, Cocok Untuk Materi Ceramah Sambil Ngabuburit

--

Shalat dapat kita ibaratkan sebagai tiang rumah atau bangunan, bagaimana jadinya apabila tiang tersebut dipasang dengan semaunya. Tentu saja bangunan atau rumah yang disangga juga tidak akan berdiri dengan baik dan mungkin roboh.

Tetapi, sebaliknya apabila tiang yang dipasang penuh dengan ketelitian dan hati-hati, maka akan tercipta bangunan yang berdiri dengan baik dan kokoh.Hubungannya dengan shalat, apabila tiang agama ini tidak kita lakukan dengan baik, tentu agama tersebut akan kurang sempurna dan runtuh. 


Shalat juga sebagai peningkat iman seorang muslim agar semakin dekat dengan Allah dan tidak mudah tergoda dalam kemaksiatan yang dibenci oleh Allah SWT. Allah senantiasa memberikan keringanan bagi setiap umatnya yang hendak beribadah. Contohnya apabila seorang hamba jatuh sakit dan tidak mampu untuk berdiri dengan sempurna, maka diperbolehkan melaksanakan sholat dengan posisi duduk atau tidur, sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur dalam fikih.

Rasulullah bersabda, “….Namun, jika seandainya mereka tahu keutamaan shalat subuh dan shalat isya, niscaya mereka akan melakukannya meskipun dalam keadaan merangkak.” (HR Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah). 

Dari sabda Rasulullah tersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa Allah telah menyiapkan imbalan dan pahala yang begitu besar bagi hamba-Nya yang melaksanakan shalat. Perlu kita ketahui, bahwa shalat selain sebagai kewajiban juga berfungsi untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar yang akan menjerumuskan seorang muslim dalam kemaksiatan. 

Terakhir yang perlu diingat adalah bahwa shalat merupakan kewajiban, dimana kata wajib itu sendiri berarti harus dilaksanakan tanpa ada yang terlewatkan. Sebab dosa yang akan kita peroleh apabila melewatkannya adalah dosa paling besar dan bahkan lebih besar daripada dosa ketika melakukan zina.

Baca juga: Rumus Kecepatan Gelombang Lengkap Dengan Contoh Soal dan Cara Penyelesaiannya yang Mudah Dimengerti

Baca juga: Rumus Volume Prisma Trapesium Sama Kaki, Dilengkapi dengan Soal dan Pembahasannya

Baca juga: Rumus Hlookup Excel: Pengertian Dasar, Rumus, hingga Contoh Penggunaannya

Sumber:

UPDATE TERBARU