Saturday 21st of September 2024

Apakah Sistem Zonasi Masih Berlaku di Tahun 2023? Berikut Informasi Resmi dari Kemdikbud

×

Apakah Sistem Zonasi Masih Berlaku di Tahun 2023? Berikut Informasi Resmi dari Kemdikbud

--

ASCOMAXX.com - Setelah memasuki masa pendidikan pada tingkat tertentu, biasanya akan melajutkan pendidikan dengan tingkat yang lebih tinggi lagi. Pada tahun sebelumnya terdapat sistem zonasi dalam penentuan diterima atau tidaknya seorang siswa. Lantas, apakah tahun 2023 ini masih berlaku?

Sistem zonasi pada sekolah merupakan salah satu jalur penerimaan siswa baru yang berdasarkan pada ketentuan zona tempat tinggalnya. Terlepas dari pengertian zonasi sekolah, sistem ini ditujukan supaya calon siswa-siswi bisa mendaftar kesekolah lanjutan sesuai dengan lokasi tempat tinggal.


Baca juga: Parah! Jepang Krisis Populasi Sampai Sekolah Tutup Karena Tidak Ada Murid!

Baca juga: Download Soal PKN Ujian Sekolah USBN Kelas 9 SMP/MTs T.A 2022/2023 Beserta Kunci Jawaban, Jamin Nambah Peluang Lulusmu

Baca juga: Contoh Kalimat Huruf Lepas yang Mudah Untuk Ditulis Oleh Anak-Anak di Bangku Sekolah Dasar

Sistem zonasi ini merupakan kebijakan dari Kemdikbud yang pertama kali diterapkan pada tahun 2017. Alasnya pada saat itu, adalah Permendikbud 17/2017 tentang PPDB SD/SMP/SMA sederajat.

Kebijakan tersebut, mengubah secara mendasar kategori/persyaratan penerimaan calon peserta didik di sekolah negeri. Dari yang menggunakan nilai UN ke jarak rumah dan sekolah.

Sumber:

UPDATE TERBARU