Friday 20th of September 2024

Cara Menghitung Koefisien Determinasi (R Square) di Excel dengan Mudah Untuk Mencari Korelasi Variabel X dan Y

×

Cara Menghitung Koefisien Determinasi (R Square) di Excel dengan Mudah Untuk Mencari Korelasi Variabel X dan Y

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara koefisien determinasi di Excel yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Microsoft Excel merupakan salah satu program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka). Pengolahan data dalam aplikasi ini dilakukan menggunakan rumus dalam lembar spreadsheet.


Baca juga: Cara Membuat Kubus dari Karton dengan Mudah dan Praktis, Belajar Bangun Ruang Jadi Makin Gampang

Baca juga: Bunyi Pasal 330 KUH Perdata: Isi, Sanksi Hukum, dan Penjelasan Secara Lengkapnya

Baca juga: Cara Mengganti PIN ATM BRI Terbaru 2023, Nggak Perlu Repot Datang ke Bank

Penggunaan Microsoft Excel sendiri bisa diaplikasikan untuk mencari koefisien determinasi. Lantas, bagaimanakah tata caranya? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya!

Sekilas Tentang Koefisien Determinasi (R2)

Dilansir dari berbagai sumber, Koefisien determinasi (R Square atau R kuadrat) atau disimbolkan dengan "R2" yang bermakna sebagai sumbangan pengaruh yang diberikan variabel bebas atau variabel independent (X) terhadap variabel terikat atau variabel dependent (Y).

Dengan kata lain, nilai koefisien determinasi atau R Square ini berguna untuk memprediksi dan melihat seberapa besar kontribusi pengaruh yang diberikan variabel X secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel Y.

Sumber:

UPDATE TERBARU