Saturday 28th of September 2024

Manfaat Usaha Minyak Jelantah, Ide Peluang Bisnis Omzet Besar di Indonesia

×

Manfaat Usaha Minyak Jelantah, Ide Peluang Bisnis Omzet Besar di Indonesia

--

Potensi besar tersebut juga telah dipetakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam memenuhi kebutuhan pemanfaatan B30.

Baca juga: Pengertian Skala Thurstone dan Cara Penyusunannya yang Benar!


Baca juga: Cara Bikin Google Form dengan Mudah dan Cepat GRATIS di HP Kamu, 5 Menit Langsung Jadi

Baca juga: Cara Gadai BKPB Motor di Bandung Tanpa Survey Beserta Syarat Lengkapnya, Baca Dahulu dan Jangan Sampai Salah Pilih!

Manfaat Bisnis Minyak Jelantah

Melansir dari berbagai sumber, hasil penelitian awal dari TNP2K dan Traction Energy Asia mengenai “Potensi Minyak Jelantah untuk Biodiesel dan Penurunan Kemiskinan di Indonesia (2020)” mendapati beberapa poin penting tentang minyak jelantah.

Pada 2019, konsumsi minyak goreng sawit nasional telah mencapai 16,2 juta kilo liter (KL). Dari angka tersebut, rata-rata minyak jelantah yang dihasilkan berada pada kisaran 40-60% atau berada di kisaran 6,46-9,72 juta KL.

Sayangnya minyak jelantah yang terkumpul di Indonesia baru mencapai 3 juta KL atau hanya 18,5% dari total konsumsi minyak goreng sawit nasional.

Belum banyak orang mngetahui bahwa minyak jelantah dapat dimanfaatkan untuk keperluan biodiesel. Kebanyakan orang hanya memandang jelantah menjadi limbah yang dibuang sembarangan.

Sumber:

UPDATE TERBARU