Friday 20th of September 2024

Skema Ukuran Dioda Trafo 5 Ampere Pada Transformator CT

×

Skema Ukuran Dioda Trafo 5 Ampere Pada Transformator CT

--

Pada trafo 5 ampere ct memiliki tegangan keluaran ac 15 volt, dengan port ct berada ditengahnya. Maka, perlu menggunakan dioda 2 buah untuk bisa menyearahkan tegangan tersebut, dengan cara kedua dioda ini akan dihubungkan dengan keluaran masing-masing 15 volt, dan pada kutub negatif dioda digabungkan, sehingganantinya akan menghasilkan tegangan 15 volt dengan arus besar.


Pada kutub negatifnya akan diambil port ct dari trafo tersebut, dihubungkan melalui IC LM7812 maka akan menghasilkan output 12 volt dengan dc yang stabil, karena pada tahapan ini juga telah menggunakan elco dengan nilai besar sebagai filter noise.

Baca juga: Contoh Soal Titik Berat Bidang Beraturan, Dilengkapi dengan Rumus dan Pembahasannya

Baca juga: Bilangan Porogapit : Cara Hitung Cepat, Pengertian, Dan Contoh Lengkapnya Terbaru 2023, Bikin Matematikamu Jadi Makin Mahir!

Baca juga: Contoh Soal PLC Omron yang Sering Keluar! Pilihan Ganda Dilengkapi Pembahasan dan Jawaban

Kemudian di tegangan dc 12 volt yang sudah cukup stabil akan dihubungkan dengan transistor penguat arus, sehingga akan diperoleh keluaran arus yang lebih besar yaitu 5 ampere, dan masih menggunakan filter lagi dengan elco untuk memastikan tegangan yang dihasilkan bersih dan stabil.

Demikianlah informasi yang kami berikan terkait ukuran dioda trafo 5 ampere, dilengkapi gambar rangkaian pada transformator CT. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa mudah dipahami untuk pembelajaran. 

Sumber:

UPDATE TERBARU