Wednesday 18th of September 2024

Cara Menghitung Koefisien Determinasi Manual dengan Rumus Persamaan

×

Cara Menghitung Koefisien Determinasi Manual dengan Rumus Persamaan

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini adalah informasi mengenai cara menghitung koefisien determinasi secara manua yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Koefisien determinasi (R Square atau R kuadrat) atau disimbolkan dengan "R2" yang bermakna sebagai sumbangan pengaruh yang diberikan variabel bebas atau variabel independent (X) terhadap variabel terikat atau variabel dependent (Y).


Baca juga: Cara Mengatasi Data Hilang Missing Value di Spss dengan Mudah, Praktis, dan 100% Work

Baca juga: Ukuran Dioda Trafo 5 Ampere, Dilengkapi Gambar Rangkaian Pada Transformator Non CT

Baca juga: Cara Menghitung Mean dan Standar Deviasi dengan SPSS Paling Mudah dan Langsung Berhasil

Dengan kata lain, nilai koefisien determinasi atau R Square ini berguna untuk memprediksi dan melihat seberapa besar kontribusi pengaruh yang diberikan variabel X secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel Y.

Persyaratan yang harus terpenuhi agar dapat memaknai nilai koefisien determinasi adalah hasil uji F dalam analisis regresi linear berganda bernilai signifikan, yang berarti bahwa "ada pengaruh variabel X secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel Y".

Namun, jika hasil analisis dalam uji F tidak signifikan, maka nilai koefisien determinasi tidak dapat digunakan atau dipakai untuk memprediksi kontribusi pengaruh variabel X secara simultan terhadap variabel Y.

Sumber:

UPDATE TERBARU