Friday 11th of October 2024

Contoh Tenggang Rasa di Sekolah, Sikap yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Siswa

×

Contoh Tenggang Rasa di Sekolah, Sikap yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Siswa

--

ASCOMAXX.com - Setiap bangsa dan negara memiliki ciri khas kepribadian atau karakter masing-masing yang berbeda satu sama lainnya, Indonesia salah satunya. Nilai-nilai karakter penting untuk kelangsungan hidup suatu bangsa. Makanya setiap bangsa berusaha menanamkan rasa nasionalisme dan kebangsaan ini melalui pendidikan formal, informal, dan non formal.

Baca juga: Rahasia Resep Nasi Goreng Solaria Ternyata Sangat Sederhana, Rasanya Mirip Banget


Baca juga: Sinopsis Webtoon Operation True Love, Gambaran Jika Rasa Cinta Bisa Dikur dan Memiliki Peringkat

Baca juga: Sinopsis Komik Celebrity Roommate (Teman Serumah Selebriti), Ini Rasanya Tinggal Satu Rumah Sama Artis Populer

Hal tersebut dengan mengacu pada pernyataan dalam UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 bahwa “Fungsi pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang berakhlak mulia dalam rangka pendidikan untuk kehidupan bangsa, guna mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab." Pemerintah juga melakukan penanaman nilai-nilai karakter bangsa melalui pendidikan non formal yaitu kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah.

Salah satu karakter yang harus dikembangkan, adalah tenggang rasa. Tenggang rasa adalah sikap hidup yang mencerminkan rasa menghormati dan menghargai orang lain yang berdampak baik bagi kehidupan.

Sumber:

UPDATE TERBARU