Friday 20th of September 2024

Cara Mengisi Blangko Surat Riwayat Hidup Pendaftaran TNI AD Untuk Tamtama, Bintara, dan Akmil

×

Cara Mengisi Blangko Surat Riwayat Hidup Pendaftaran TNI AD Untuk Tamtama, Bintara, dan Akmil

--

Secara garis besar syarat jadi TNI AD adalah setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba. Tinggi badan minimal pria 163 cm dan waniŁa 157 cm, dengan berat badan seimbang. Telah lulus dan berijazah D-4, S-1, S-1 Profesi dengan Jurusan / Prodi sesuai kebutuhan TNI.

Jam kerja TNI AD berlangsung dari hari Senin sampai dengan Kamis Pukul: 08.00 – 15.00; Waktu Istirahat Pukul: 12.00 – 12.30. b. Hari Jum'at Pukul: 08.00 – 15.30; Waktu Istirahat Pukul: 11.30 – 12.30.

Cara Mengisi Blangko Surat Riwayat Hidup PendaftaranTNI AD


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), riwayat hidup diartikan sebagai uraian tentang segala sesuatu yang telah dialami seseorang atau biografi. Riwayat hidup adalah dokumen yang menjelaskan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan informasi lain yang terkait dengan diri pelamar.

Tujuannya untuk memberikan gambaran tentang diri pekerja kepada perusahaan atau instansi yang akan mempekerjakan. Riwayat hidup biasanya dibuat dalam bentuk tabel atau paragraf, dengan menyajikan informasi secara teratur dan jelas.

Baca juga: Contoh Bentuk Surat Full Block Style Disertai dengan Keterangan Bagiannya

Baca juga: Kumpulan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Apply Kerja Auto Diterima HRD!

Cara Penulisan Daftar Riwayat Hidup

  1. Mulailah dengan menuliskan nama, tempat, tanggal lahir, alamat, dan kontak (telepon dan email).
  2. Masukkan riwayat pendidikan secara terurut dari yang paling tinggi (S1) hingga yang paling rendah (SD). Sertakan nama sekolah, jurusan, dan tahun masuk-lulus.
  3. Masukkan pengalaman kerja secara terurut dari yang paling baru hingga yang paling lama. Sertakan nama perusahaan, posisi yang dipegang, dan tahun bekerja.
  4. Masukkan keahlian yang dimiliki, seperti kemampuan bahasa asing atau kemampuan menggunakan software komputer.
  5. Masukkan kegiatan organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler yang pernah Anda ikuti.
  6. Masukkan referensi dari orang-orang yang dapat memberikan informasi tambahan tentang diri pelamar, seperti dosen atau atasan di tempat kerja sebelumnya.
  7. Gunakan font yang mudah dibaca dan tata letak yang rapi. 
  8. Jika perlu, sesuaikan isi Daftar Riwayat Hidup dengan kebutuhan pekerjaan yang dilamar. 

Sumber:

UPDATE TERBARU