Monday 1st of July 2024

Pengertian Dwimatra pada Karya Seni, Lengkap Contoh dan Penjelasan Lengkapnya

×

Pengertian Dwimatra pada Karya Seni, Lengkap Contoh dan Penjelasan Lengkapnya

--

Pengertian Istilah Dwimatra

Pada kata atau istilah dari dwimatra sendiri merupakan dua dimensi atau memiliki dua ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi/kedalaman. Istilah ini lebih sering digunakan dalam dunia karya seni, contohnya pada bidang seni rupa. Dalam bidang seni rupa dikanal istilah seni rupa trimatra.

Lebih jelasnya, seni rupa trimatra ini adalah seni rupa yang hanya terdiri dari ukuran panjang dan lebar saja seperti seni lukis dan seni grafis. Contohnya yaitu pada lukisan dan batik. yang bisa dilihat keindahannya melalui penglihatan dan satu  arah saja.


Baca juga: 5+ Aplikasi Membuat Diagram Batang Terbaik 2023, Tak Perlu Repot Instalasi dan Bisa Digunakan Gratis

Baca juga: 25 Contoh Soal Perkalian Matematika Kelas 4 SD, Belajar Perkalian Jadi Lebih Mudah!

Baca juga: Mengenal Bangun Prisma Trapesium: Pengertian, Rumus Volume, dan Contoh Soal

Dwimatra (nirmana dua dimensi) ini juga bisa diartikan dengan panjang dan lebar yang berada dalam suatu bidang datar, tidak memiliki ketebalan atau kedalaman. Contoh karya dua dimensi ini adalah lukisan, gambar, foto, tenunan, dan juga batik.

Bagaimana, sudah paham dengan istilah dari dwimatra pada sebuah karya seni rupa? demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait pengertian dari dwimatra. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Sumber:

UPDATE TERBARU