Thursday 27th of June 2024

Pengertian Dwimatra pada Karya Seni, Lengkap Contoh dan Penjelasan Lengkapnya

×

Pengertian Dwimatra pada Karya Seni, Lengkap Contoh dan Penjelasan Lengkapnya

--

ASCOMAXX.com - Karya seni mencakup ilmu yang begitu luas sekali. Untuk menjelaskan pada suatu karya seni tertentu, banyak istilah yang digunakan. Salah satunya adalah Dwimatra. Lantas, apa yang dimaksud dengan karya seni dwimatra ini? berikut informasi lengkapnya.

Karya seni rupa murni adalah karya seni yang fokus pada ekspresi dan kreativitas pembuatnya tanpa memperhatikan apakah karya seni rupa tersebut bisa dimanfaatkan dalam kehidupan. Misalnya seperti lukisan dan kaligrafi yang bisa dinikmati keindahan dan memiliki nilai seni tersendiri.


Baca juga: Lirik Lagu Hari Sudah Siang Dinyanyikan Sebelum Anak-anak Pulang Sekolah

Baca juga: Download File DOC Fomat Surat Pengajuan PKL & Magang Terbaru, Untuk SMK MK

Baca juga: Download Contoh Soal Perkalian Matematika Kelas 4 SD: Pilihan Ganda, Essay, Disertai Kunci Jawaban

Istilah dwimatra untuk beberapa orang mungkin masih belum terlalu dikenal secara umum. Padahal pada istilah tersebut memiliki arti yang kurang lebih sama dengan istilah dua dimensi dan juga tiga dimensi yang sudah umum dikenal masyarakat pada sebuah karya seni.

Kata dwimatra sendiri berasal dari dua kata yaitu dwi atau dua dan juga matra. Kata matra ini secara umum dapat diartikan dengan dimensi atau ukuran seperti panjang, lebar, dan tinggi. Namun, biasanya kata matra ini lebih sering digunakan dalam bidang seni seperti musik dan sastra untuk menunjukkan sebuah ukuran seperti ukuran tekanan irama.

Sumber:

UPDATE TERBARU