Saturday 21st of September 2024

6 Fakta Kota Cilegon yang Mendapat Sebutan Kota Baja, Industri Baja Terbesar di Asia Tenggara Ada Disini

×

6 Fakta Kota Cilegon yang Mendapat Sebutan Kota Baja, Industri Baja Terbesar di Asia Tenggara Ada Disini

--

Sejak zaman Kerajaan Banten telah dibuka daerah yaitu Serang dan Cilegon. Kemudian diubah menjadi areal persawahan dan jalur lintas antara pulau Jawa dan Sumatera. Hal tersebut juga menyebabkan banyak orang yang datang dan menetap di Cilegon, sehingga penduduk Cilegon menjadi heterogen dengan perkembangan yang sangat pesat.

Produsen baja terbesar di Asia Tenggara

Cilegon melalui PT. Krakatau Steel merupakan produsen baja terbesar di kawasan Asia Tenggara. Industri baja di Cilegon sudah berlangsung lama, tepatnya sejak tahun 1962. Pada saat itu berdirilah Trikora Stålfabrik yang merupakan cikal bakal PT. baja Krakatau.


Perkembangan industri baja juga mempengaruhi sektor lainnya. Perdagangan di Cilegon mulai meningkat diiringi dengan peningkatan jumlah penduduk dan peningkatan ketersediaan sektor jasa. Pada saat yang sama mata pencaharian masyarakat mulai berkembang dari petani menjadi pedagang, buruh dan lain-lain.

Baca juga: Profil dan Biodata Ustadz Danu, Seorang Insinyur Sekaligus Disebut Memiliki Ilmu Istimewa? Cek Faktanya Disini

Baca juga: 3 Fakta Baru Kenapa Bandara Gudang Garam Kediri Akan Menjadi Aset Nasional Terpenting di Jawa Timur

Baca juga: Sinopsis Film Korea I Am Here (2023), Pengejaran Pelaku Pembunuhan Yang Menyimpan Fakta Gelap

Pemukiman yang Beragam

Dari segi demografi, Cilegon sangat heterogen. Hal ini mempengaruhi pola permukiman yang ada di kota ini. Sebagian besar rumah dibangun di lahan perumahan resmi. Di antaranya, Kompleks Perumahan Karyawan Krakatau Steel, Bukit Baja Sejahtera, Palm Hills, dan Kompleks Perumahan Krakatau Gerogol.

Banyaknya TKA yang tinggal juga menciptakan kawasan hunian khusus bagi ekspatriat. Area perumahan ekspatriat dibagi menjadi beberapa bagian. Misalnya, ekspatriat dari Eropa, Australia, dan Amerika tinggal di daerah Bonakarta. Sedangkan ekspatriat Asia dari Korea Selatan dan Jepang serta lainnya tinggal di beberapa cluster kawasan Pondok Cilegon Indah.

Kaya budaya

Budaya Cilegon sangat erat kaitannya dengan unsur Sunda yang kental, apalagi Banten dulunya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat. Produk budaya yang dimiliki Cilegon ada dua macam, yaitu produk tangible dan intangible.

Sumber:

UPDATE TERBARU