Thursday 19th of September 2024

Contoh Penghitungan Busbar Lengkap Dengan Pembahasan Mengenai Kenaikan Suhu Operasi

×

Contoh Penghitungan Busbar Lengkap Dengan Pembahasan Mengenai Kenaikan Suhu Operasi

--

ASCOMAXX.com – Informasi berikut ini akan kami sajikan bagi kamu yang ingin mengetahui contoh penghitungan busbar. Hal ini bisa digunakan dalam mengetahui dan berhubungan dengan cara menghantarkan listrik.

Jika kamu ingin mengetahui pembahasan lengkapnya, langsung saja ikuti informasi yang kami sajikan di artikel berikut ini.


Baca juga: Kode Error AC Sharp, Dari Kerusakan Pada Pompa Air Hingga Tegangan Listrik Tidak Stabil

Baca juga: 20 Contoh Kegiatan Boros Energi Listrik yang Tanpa Sadar Sering Banget Dilakukan di Kehidupan Sehari-Hari

Baca juga: Skema Rangkaian Inverter Las Listrik, Dapat Diaplikasikan Sesuai Kebutuhan

Penghitungan busbar pada dasarnya diketahui untuk menghantarkan listrik, bukan untuk berfungsi sebagai bagian struktural. Busbar sendiri adalah strip atau bar dari tembaga, kuningan atau aluminium yang menghantarkan listrik di dalam switchboard, papan distribusi, gardu, battery bank atau peralatan listrik lainnya.

Busbar biasanya berupa strip datar atau tabung berlubang karena bentuk ini memungkinkan meradiasikan lebih efisien karena luas permukaannya yang tinggi terhadap rasio luas penampang. Bagian berongga memiliki kekakuan yang lebih tinggi daripada batang solid dengan kapasitas arus yang setara, yang memungkinkan rentang yang lebih besar antara penopang busbar di halaman sakelar luar.

Busbar dapat disupport pada isolator, atau insulasi mungkin benar-benar mengelilinginya. Busbar dilindungi dari kontak tidak langsung baik oleh selungkup logam yang dibumikan atau dengan di luar jangkauan normal. Busbar netral juga dapat diisolasi. Busbar pembumian (pembumian pengaman) biasanya telanjang dan dibautkan langsung ke sasis logam apa pun pada penutupnya. Busbar dapat ditutup dalam rumah logam, dalam bentuk saluran busduct atau busway, bus fase-terpisah, atau bus fase-terisolasi. 

Sumber:

UPDATE TERBARU