Thursday 17th of October 2024
×

Noken As Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Tips Merawat

Noken As Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Tips Merawat

--

Sedikit perubahan yang terjadi, akan membawa dampak yang sangat besar pada noken as. Modifikasi terhadap komponen ini memang bisa dilakukan. Kuncinya terletak pada pemasangan komponen ini untuk menghasilkan timing buka tutup seperti yang diinginkan.

Baca juga: Cara Membuat Setrum Ikan Dengan Aki, Siapkan Alat Dengan Perhatikan Langkah Mudahnya!


Baca juga: Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik, Hidrolik Dari Alat Sederhana

Baca juga: Contoh Alat Peraga IPA SD MI Kelas 6 Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar

Pemasangan klep yang tepat juga akan berpengaruh pada kinerja noken as ini. Sehingga, performa mesin yang optimal dapat dilakukan dengan mengatur kedua komponen tersebut.

Cara Kerja Noken As

Cara kerja komponen tersebut dengan mengatur dan menggerakkan katup atau klep serta mendorong dengan dua tonjolan yang digerakkan oleh rantai kamrat atau rantai keteng. Pada saat klep mendapat dorongan maka klep in akan terbuka.

Selanjutnya bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Kemudian, tonjolan yang lain akan mendorong klep ex. Ketika klep ex terdorong, maka gas sisa pembakaran yang dihasilkan akan terbuang.

Noken as akan berkerja dengan optimal jika klep membuka tepat pada waktunya, demikian juga pada saat menutup. Hal tersebut membuat ketepatan durasi buka tutup klep ini sangat berpengaruh pada hasil tenaga.

Sumber:

UPDATE TERBARU