Sunday 8th of September 2024

Barongan Kediri Adalah? Berikut Penjelasan dan Harga Terbaru 2023

×

Barongan Kediri Adalah? Berikut Penjelasan dan Harga Terbaru 2023

--


Menurut tradisi dan kepercayaan religi setempat, Barongan adalah salah satu makhluk mitologi asli yang berasal dari daerah Mlangsen di Blora yang dipercayai oleh masyarakat Jawa (dan juga Bali) sebagai entitas spiritual yang suci dan diluhurkan.

Baca juga: Download Lensa AI, Aplikasi Viral TikTok Untuk Buat Avatar Jadi Makin Mudah dan Ciamik

Baca juga: Fakta Menarik Nokia Edge 2022, HP Baru yang Tampilannya Mirip iPhone 14: Ternyata Juga Luncurkan Seri Entry Level dan Flip


Baca juga: Nonton Drama Korea Forbidden Marriage (2022) Episode 1-2 Sub Indo, Tayang Hari Ini! Siap-Siap Gemas dengan Interaksinya

Berdasarkan Babad Giyanti dijelaskan bahwa wilayah Blora pernah menjadi salah satu kawasan yang berada dalam kekuasaan Ponorogo, dengan demikian kesenian Barongan ini ditengarai adalah salah satu ragam variasi dari Reog yang dikembangkan secara lokal dalam kebudayaan masyarakat Blora.

Barongan Kediri

Kesenian Barongan Kediri merupakansuatu bentuk tradisi yang memiliki ciri khas seperti Kepala Barong yang memiliki mahkota terbuat dari kulit kerbau sedangkan kepalanya menggunakan ukiran kayu tiga dimensi berwujud kepala Naga.

Hal inilah yang menjadikan penulis tertarik untuk menjadikan sebagai sumber penciptaan karya seni kriya kayu yang berbeda
dari sebelumnya.

Barongan Kediri diketahui berbahan dasar kayu waru. Pemilihan kayu ini karena kayu memiliki karakter serat kayu yang halus, ulet (tahan oleh benturan) serta renyah dipahat sehingga berbeda dengan bahan-bahan yang lainnya.

Harga Barongan Kediri

Jika tertarik untuk membeli Barongan Kediri ini, kamu bisa menggunakan beberapa situs belanja online seperti Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lainnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU