Thursday 17th of October 2024
×

Pulau Kalimantan Mayoritas Dihuni Oleh Suku Apa? Ini Dia Asal Usulnya

Pulau Kalimantan Mayoritas Dihuni Oleh Suku Apa? Ini Dia Asal Usulnya

--

Suku Paling Banyak di Pulau Kalimantan

Berdasarkan beberapa sumber, Pulau Kalimantan mayoritas dihuni oleh suku Dayak. Suku ini adalah salah satu kelompok suku asli terbesar dan tertua yang mendiami Pulau Kalimantan. Penduduk asli Kalimantan ini terdiri atas banyak sub-suku yang masing-masing memiliki keunikan dalam budayanya.

Baca juga: Batas Laut Pulau Kalimantan Adalah? Ternyata Ini Jawabannya Berdasarkan Peta


Baca juga: Pesona Bendungan Karalloe, Wisata Alam Unik dan Asyik di Sulawesi Selatan

Baca juga: Bendungan Pamarayan, Jadi Waduk Terbesar Pertama Peninggalan Belanda di Indonesia

Suku Dayak sendiri memiliki 268 sub-suku, yang dibagi ke dalam enam rumpun, yaitu Rumpun Punan, Klemantan, Apokayan, Iban, Murut, dan Rumpun Ot Danum. Beberapa sub-suku Dayak yaitu Suku Kutai, Bakumpai, Dayak Desa, Bahau, Lun Bawang, Tidung, dan masih banyak lainnya.

Sejarah Suku Dayak Kalimantan

Untuk menambah informasi, berdasarkan laman Kemendikbud, Coomans (1987) menjelaskan teori yang didukung oleh Inoue (1999) bahwa Suku Dayak adalah keturunan imigran dari Provinsi Yunnan di China Selatan, tepatnya di Sungai Yangtse Kiang, Sungai Mekong dan Sungai Menan.

Sebagian dari kelompok imigran tersebut menyeberang ke semenanjung Malaysia dan melanjutkan perjalanan dengan menyeberang ke bagian utara Pulau Kalimantan.

Seorang tokoh Dayak Kayan juga menjelaskan bahwa suku dayak adalah ras Indo China yang bermigrasi ke Indonesia pada abad ke-11.

Sumber:

UPDATE TERBARU