Friday 20th of September 2024

Macam-macam Rumah Adat Papua Beserta Ciri Khasnya, Unik dan Memiliki Filosofi yang Dalam!

×

Macam-macam Rumah Adat Papua Beserta Ciri Khasnya, Unik dan Memiliki Filosofi yang Dalam!

--

2. Rumah Kariwari

Baca juga: 7 Gambar Motif Batik Betawi yang Mudah Ditiru, Didominasi dengan Warna Cerah yang Indah


Baca juga: Download Soal-soal Matematika TK Besar Terlengkap, Tersedia Juga Soal Bergambar Mudah Dipahami!

Baca juga: Suhunan Julang Ngapak, Makna yang Digambarkan Pada Rumah Adat Sunda

Rumah Adat Kariwari

Merupakan sebuah rumah adat Papua yang dihuni oleh suku Tobati-Enggros. Rumah adat ini memiliki atap berbentuk segi delapan dengan tiga tingkat, yang dipercaya mampu melindungi rumah dari cuaca dingin, terutama angin kencang. Bentuk atap rumah Kariwari juga melambangkan hubungan dekat dengan sang pencipta atau leluhur mereka yang telah meninggalkan mereka.

3. Rumah Adat Jew

rumah adat papua

Suku Asmat memiliki banyak anggota suku dan rumah adat mereka disebut Jew. Rumah adat Jew memiliki ukuran yang besar, dengan panjang 15 meter dan lebar 10 meter. Rumah adat Jew juga sering disebut sebagai rumah bujang, karena hanya laki-laki yang belum menikah yang boleh tinggal di dalamnya. Anak laki-laki di bawah 10 tahun dan perempuan dilarang masuk ke dalam rumah ini.

4. Rumah adat Ebei 

rumah adat papua

Merupakan bentuk yang berbeda dari rumah Honai, karena dirancang khusus untuk wanita suku Dani. Rumah Honai dan Ebei memiliki bentuk lingkaran yang serupa, yang melambangkan kesatuan dan kesamaan dalam pemikiran. Rumah adat Ebei juga menjadi simbol harga diri dan martabat bagi suku Dani.

5. Rumah Hunilan 

rumah hunila

Rumah adat suku Dani lainnya adalah rumah Hunila. Bangunan rumah ini memiliki bentuk yang panjang dan lebih luas daripada rumah adat lainnya. Rumah Hunila sering digunakan untuk menyimpan peralatan masak dan bahan makanan. Biasanya, rumah Hunila berfungsi sebagai dapur umum bersama antara beberapa rumah Honai dan Ebei, untuk memproduksi makanan bagi seluruh rumah.

Demikianlah informaasi yang dapat kami sampaikan terkait macam-macam rumaah adat Papua beserta keunikannya yang memiliki filosifi yang dalam. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Sumber:

UPDATE TERBARU