Tuesday 17th of September 2024

Macam-macam Rumah Adat Papua Beserta Ciri Khasnya, Unik dan Memiliki Filosofi yang Dalam!

×

Macam-macam Rumah Adat Papua Beserta Ciri Khasnya, Unik dan Memiliki Filosofi yang Dalam!

--

ASCOMAXX.com - Setiap daerah pasti memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Termasuk di daerah Papua yang juga memiliki berbagai kebudayaan yang khas, seperti rumah adat. Berikut jenis rumah adat di Papua beserta ciri khasnya.

Rumah adat sendiri adalah jenis bangunan tradisional yang dibangun oleh suku atau masyarakat tertentu sesuai dengan adat istiadat dan kepercayaan mereka. Rumah adat mencerminkan identitas budaya dan gaya hidup suatu komunitas.


Papua merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia. Wilayah ini memiliki kekayaan alam yang melimpah, dengan hutan hujan tropis, gunung-gunung tinggi, dan keindahan lainnya. Papua terdiri dari dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat, dengan Ibu Kota provinsi Papua terletak di Kota Jayapura.

Baca juga: Contoh Puisi Singkat Tema Lingkungan Hidup 2 dan 3 Bait Dalam Bahasa Indonesia, Sederhana yang Tetap Penuh Makna

Baca juga: Contoh Soal Psikotes TNI AD Tahun 2023/2024, Kisi-kisi Terbaru! Pelajari dan Persiapkan Sekarang

Baca juga: Kumpulan Naskah Drama Bahasa Arab 2 Orang yang Singkat dan Mudah Dihapalkan Tentang Kehidupan Sehari-Hari

Selain itu, di Papua juga memiliki kebudayaan yang khas, seperti makanan, tradisi, baju adat, rumah adat, dan lain sebagainya. Bicara soal rumah adat, di Papua ini memiliki berbagai jenis rumah adat yang khas dengan keunikannya masing-masing.

Macam-macam Rumah Adat Papua

Setiap rumah adat memiliki ciri khas dan desain yang unik, tergantung pada kebutuhan dan lingkungan tempat tinggal suku tersebut. Bahan bangunan yang digunakan juga bervariasi, mulai dari kayu, bambu, daun, hingga bahan alam lainnya. Berikut jenis rumah adat di Papua:

1. Rumah Honai 

rumah honai

Merupakan sebuah bangunan dengan dinding yang membentuk lingkaran, terbuat dari kayu kuat yang tersusun sejajar. Umumnya, rumah Honai memiliki satu pintu tanpa jendela dengan tinggi 2,5 meter dan lebar 5 meter. Atap rumah Honai terdiri dari tumpukan daun sagu, jerami, dan ilalang yang membentuk kerucut tumpul secara unik.

Sumber:

UPDATE TERBARU