Friday 4th of October 2024

Prospek Budidaya Cacing Tanah di Indonesia, Sebuah Ladang Usaha yang Menjanjikan

×

Prospek Budidaya Cacing Tanah di Indonesia, Sebuah Ladang Usaha yang Menjanjikan

--

Budidaya Cacing Tanah

Lumbricus rubellus sendiri merupakan salah satu jenis cacing tanah potensial untuk diternakkan. Dari analisis kimia diperoleh kandungan protein seekor cacing tanah berkisar 64-76%, sedangkan tepung ikan hanya 58%.

Kini untuk memulai bisnis budidaya cacing tanah adalah dari modal awal sebanyak 5 kg bibit cacing tanah. Setelah empat bulan, cacing tanah berkembang biak dan tumbuh hingga menghasilkan 10-15 kg per minggu.


Terdapat beragam jenis cacing seperti Megascolicidae, Genus Lumbricus, Lumbricidae, Eisenia, Pheretima, Diplocardia, Perionyx, dan Lidrillus. Di Indonesia sendiri, ada 3 cacing tanah yang banyak dibudidaya seperti Perionyx, Pheretima, dan Lumbricus. Ke-3 cacing tanah yang populer di Indonesia ini menggemari media dengan bahan organik layaknya sampah dapur ataupun pupuk kandang. 

Kalau 1 kg cacing tanah segar dijual seharga Rp30 ribu per kg, maka potensi pendapatan peternak sekitar Rp300 ribu – Rp450 ribu per minggu. Supaya kamu bisa mendapat gambaran berikut ini akan kami sampaikan informasi mengenai update harga cacing tanah. 

Baca juga: Ponpes Sunan Drajat Lamongan Lebarkan Sayap Bisnis hingga Mancanegara, Menjadi Contoh Baik Untuk Pesantren Lain

Baca juga: Franchise Rumah Makan Cibiuk, Bisnis Kuliner Khas Sunda yang Menjanjikan dan Selalu Ramai Pelanggan

Baca juga: Nonton Rak Rai (Bad Love) Full Episode 1-17 Sub Indo, Perang Bisnis dan Cinta yang Banyak Drama

Harga Cacing Tanah Per Kg

  1. Cacing Tanah putih Pakan Ikan Rp79.999
  2. Cacing Tanah Tiger Rp80.000
  3. Cacing Tanah Lumbricus Basah Rp85.000
  4. Cacing Tanah ANC Rp85.000
  5. Cacing Tanah Susu Fosfor Rp155.000
  6. Cacing tanah lumbricus kering per 1 gram = Rp25.000.

Sumber:

UPDATE TERBARU