Tuesday 17th of September 2024

Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Bisa Jadi Obat Untuk Diare Sampai Skincare

×

Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Bisa Jadi Obat Untuk Diare Sampai Skincare

--

Bahkan sisa kotoran cacing atau bekas cacing (kascing) juga memiliki manfaat sebagai alternatif pengganti pupuk kandang karena mengandung mineral dan zat anorganik yang tinggi dan mengandung nitrogen yang rendah sehingga tidak mencemari lingkungan.

Cacing Tanah dan Pengaruhnya Untuk Lingkungan

Terlebih kini cacing tanah juga diolah untuk obat herbal. Memakan cacing tanah dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti diare, peradangan, asam urat, konstipasi, kolesterol tinggi, dan lainnya.


Lain hal nya di perkotaan, cacing tanah juga kerap dimanfaatkan sebagai binatang pengurai sampah organik. Dari penguraian limbah tersebut dihasilkan pupuk organik yang kaya zat hara. 

Cacing tanah yang bisa digunakan sebagai obat sekaligus pakan ternak burung yang bergizi tinggi. Apalagi kalau dilihat dari manfaatnya, cacing tanah mempunyai banyak kandungan protein yang baik untuk ternak, khususnya unggas.

Tak cuma itu ternak cacing tanah yang juga dipercaya mampu menurunkan demam dan obat untuk mengatasi typhus bagi manusia. Kini bahkan sudah ada produk berbahan dasar cacing tanah juga merambah ke industri kosmetik karena dipercaya ampuh dalam melembapkan sekaligus meremajakan kulit.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Tangga Putar di Lahan Sempit, Maksimalkan Pemanfaatan Ruang di Rumah

Baca juga: Manfaat Nutrishake Oriflamme, Dari Menurunkan Berat Badan Hingga Jaga Jantung Sehat

Baca juga: Hotel Transit Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Fasilitas Untuk Wisatawan

7 Manfaat Cacing Tanah 

1. Menghalau Spora Jamur 

Kalau ada bahan organik yang akan menganggu pertumbuhan tanaman, cacing tanah bisa membersihkannya. Cacing dapat menghilangkan gangguan dari spora dan jamur, serta membuat tanaman tumbuh dengan baik.

2. Membentuk Humus

Seperti yang sudah kita tahu kalau cacing tanah berperan dalam pembentukan humus. Yang mana humus sangat bermanfaat bagi tanaman karena menyimpan berbagai nutrisi yang baik.

Sumber:

UPDATE TERBARU