Sunday 8th of September 2024

Mengenal Laporan Laba Rugi: Pengertian, Unsur Utama, Tujuan, dan Manfaat

×

Mengenal Laporan Laba Rugi: Pengertian, Unsur Utama, Tujuan, dan Manfaat

--

ASCOMAXX.com – Laporan laba rugi adalah suatu bagian laporan keuangan perusahaan dalam periode akuntansi tertentu dan didalamnya terdapat pendapatan serta bebean perusahaan, yang nantinya menghasilkan laba atau rugi bersih.

Dalam dunia usaha atau perdagangan, istilah neraca laba rugi ini sudah tidak asing lagi didengar. Dimana laporan laba rugi dalam akuntansi ini menjadi salah satu hal pening dalam periode akuntansi. Langsung saja dalam artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai laba rugi tersebut, simaklah penjelasan dibawah ini.


Baca juga: Contoh Denah Rumah 5x6 yang Modern, Manfaatkan Lahan Sempit Tapi Tetap Estetik dan Nyaman Ditempati

Baca juga: Manfaat Minyak Jelantah yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Diolah dan Jadi Lebih Berguna

Baca juga: Ini Dia Manfaat Suara Jangkrik Untuk Burung Peliharaan, Suara Burung Jadi Makin Merdu !

Tujuan Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi ini dibuat oleh bagian akuntansi, dimana pembuatannya ini tentu memiliki tujuan tersendiri. Berikut ini adlaah beberapa tujuan dibuatnya laporan laba rugi suatu perusahaan yaitu:

- Perhitungan besaran pajak perusahaan.

- Memberikan informasi dari perolehan laba atau rugi semua periode.

- Menjadi referensi evaluasi bagi manajemen perusahaan untuk menetapkan langkah-langkah apa saja yang harus diambil di periode yang akan datang.

- Memberikan informasi apakah langkah yang ditempuh menjadi efisien atau tidak dari besaran beban atau biaya perusahaan.

Sumber:

UPDATE TERBARU