Sunday 8th of September 2024

Cara Membuat Laporan Keuangan Tahunan Gereja, Ikuti 8 Langkah Ini!

×

Cara Membuat Laporan Keuangan Tahunan Gereja, Ikuti 8 Langkah Ini!

--

Catatan keuangan yang akurat membantu gereja menjaga transparansi keuangan. Sebagian besar pendapatan gereja berasal langsung dari jemaat, jadi penting untuk membuat laporan keuangan gereja yang akurat untuk menunjukkan kepada jemaat ke mana uang mereka disalurkan. 

Laporan keuangan penting untuk disimpan jika gereja diaudit karena gereja memiliki status pajak nirlaba, audit dapat digunakan untuk menentukan apakah lembaga ini benar-benar dijalankan dengan benar. 


Laporan keuangan gereja berfungsi untuk membuat semua orang tahu berapa banyak uang yang masuk ke gereja dan berapa banyak yang dihabiskan. Namun membuat laporan keuangan gereja bukanlah hal yang mudah. 

Manfaat Laporan Tahunan

Laporan keuangan gereja harus memberikan ringkasan lengkap tentang semua aktivitas keuangan gereja. Laporan tahunan gereja dirancang untuk tokoh masyarakat , otoritas lokal, dan bahkan organisasi nirlaba lainnya di area tersebut. Laporan tahunan tidak hanya berfokus pada angka, tetapi juga menyajikan statistik lainnya yang tak kalah penting. 

Baca juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi dengan Mudah, Pemula Bisa Mengikuti!

Baca juga: Cara Membuat Laporan Harian Security Satpam yang Mudah dan Cepat Buat Pemula

Baca juga: Spoiler Drama A Date with The Future (2023) Episode 29 30, Jiang Mencoba Merusak Laporan Xu Lai

Cara Membuat Laporan Keuangan Tahunan Gereja

1. Gabungkan Laporan Bulanan 

Jika kamu belum membuat laporan keuangan bulanan, kamudapat melihat laporan bank gereja untuk mendapatkan informasi ini.

2. Verifikasi Data

Lakukan verifikasi data untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan transfer dari laporan bulanan ke laporan tahunan. Laporan tahunan akan didistribusikan ke jemaat, jadi harus akurat.

3. Gunakan Metode Perhitungan yang Ringkas

Memverifikasi informasi keuangan memudahkan untuk mulai menulis laporan tahunan. Kamu harus meringkas operasi perhitungan kamu agar mudah dimengerti.

Sumber:

UPDATE TERBARU