Friday 20th of September 2024

Mengenal GRC Board dalam Bangunan: Pengertian, Fungsi, dan Macam-macamnya

×

Mengenal GRC Board dalam Bangunan: Pengertian, Fungsi, dan Macam-macamnya

--

ASCOMAXX.com - Kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang pengertian GRC Board. Yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

GRC adalah singkatan dari Glass Reinforced Concrete atau dikenal juga dengan Glass Fibre Reinforced Concrete. material campuran dari beton dan serat kaca. Komposisi dari material ini umumnya terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi dan tahan alkali, yang dikombinasikan bersama dengan campuran semen seperti beton dan sebagainya.


Dibandingkan dengan beton biasa, GRC memiliki fitur dan identitas fisik serta kimia yang mirip. Material ini pun menawarkan daya tahan layaknya beton yang tangguh dan tahan pakai, serta mudah diaplikasikan sesuai jenis kaca dekoratif.

Baca juga: Harga Kusen Alumunium Per Batang Tahun 2023: Berbagai Macam Merk dan Warna

Baca juga: Inspirasi Meja dari Besi Hollow Terbaru 2023, Estetik! Cocok Untuk Segala Macam Ruangan

Baca juga: Macam-Macam Kelas Dalam Penerbangan Garuda Indonesia yang Wajib Kamu Tahu, Beda Banget Fasilitasnya

GRC pertama dikembangkan sekitar tahun 1960-an sebagai alternatif dari beton yang diperkuat dengan material baja atau Steel Reinforced Concrete. Awalnya diproduksi sebagai bahan pelapis eksterior, material ini kini sudah bisa diolah menjadi berbagai variasi bentuk yang kompleks sebagai bagian dari komponen profil dan arsitektur bangunan.

Idealnya, GRC cocok digunakan sebagai material hunian yang membutuhkan karakter ringan, dalam ukuran panel dan untuk eksterior bangunan modern.

Sumber:

UPDATE TERBARU