Friday 4th of October 2024

Detail Perancangan Kuda-kuda Kayu Pada Bangunan Rumah, Lengkap dengan Ukurannya!

×

Detail Perancangan Kuda-kuda Kayu Pada Bangunan Rumah, Lengkap dengan Ukurannya!

--

Perancangan Kuda-kuda Kayu

Baca juga: Berikut Jenis Pasir Bangunan Kualitas Terbaik, Lengkap dengan Karakteristik dan Fungsi Masing-masing!

Baca juga: Jenis-jenis Material Bangunan Pada Konstruksi Rumah, Dapat Memberikan Ketahana dan Tampilan yang Bagus!


Baca juga: Contoh Denah Ruangan Klinik Praktek Bidan, Bisa Dijadikan Referesni Bangunan!

 

detail kuda kuda kayu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sudarno Tampubolon dan Agnes Sri dalam artikel ilmiah "Perhitungan Rangka Kuda-Kuda dengan Menggunakan Metode Titik Buhul dan SAP-2000". Sebelum memulai pembuatan kuda-kuda kayu, penting untuk memahami konstruksi kuda-kuda.

Dalam pembuatan konstruksi kuda-kuda kayu, ada dua jenis sambungan yang umum digunakan, yaitu kaki kuda-kuda dengan balok tarik dan kaki kuda-kuda dengan tiang gantung. Kedua jenis sambungan ini menggunakan sambungan lubang pen yang dilengkapi dengan gigi.

Ukuran pen dan lubang ditentukan berdasarkan perbandingan 1/3 tebal balok kayu, sementara dalamnya gigi berkisar antara 1/6 hingga 1/8 lebar kayu. Pada sambungan kaki kuda-kuda dengan tiang gantung, tiang gantung dimasukkan ke dalam takikan pada balok kunci dengan kedalaman sekitar 1/6 hingga 1/8 dari tebal kayu.

Takikan pada balok kunci memiliki ketebalan yang sama dengan tiang gantung, dan dibuat lubang terbuka sesuai dengan kedalaman takikan tersebut. Sisi tiang gantung kemudian dimiringkan ke kiri dan ke kanan sesuai dengan kemiringan atap bangunan.

Sambungan antara kaki kuda-kuda dengan tiang gantung menggunakan lubang pen dengan sudut kemiringan sekitar 30-35 derajat. Selanjutnya, kaki kuda-kuda dengan balok tarik dipasang, diikuti dengan pemasangan skor.

Langkah terakhir adalah memasang balok apit yang mengapit balok gantung, skor, dan kaki kuda-kuda. Untuk memperkuat sambungan tersebut, digunakan plat strip dengan ukuran 4/40 mm yang diikat dengan baut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait detail perancangan kuda-kuda kayu pada sebuah bangunan atau konstruksi rumah. Semoga artikel yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba. 

Sumber:

UPDATE TERBARU