Tuesday 17th of September 2024

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo, Turut Serta Mempersiapkan Kader Islami

×

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo, Turut Serta Mempersiapkan Kader Islami

--

Lokasi Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Pondok Pesantren Mambaul Ulum berada di Jalan KH Hasan Genggong, Kota Probolinggo. Kode Pos : 67237.

Baca juga: Pendaftaran Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang Tahun Ajaran Baru 2023/2024 Untuk Santri Putra dan Putri, Lengkapi Persyaratan Disini!


Baca juga: Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Rahmatika Al-Atsari Subang Tahun Ajaran Baru 2023/2024 Untuk Semua Jenjang

Baca juga: Sejarah Pondok Pesantren Rahmatika Al-Atsari Subang, Salah Satu Lembaga Pendidikan Teladan, Berkah dan Berkualitas

Sejarah Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Pada awal berdirinya, pondok ini menggunakan sistem salaf ( system kebanyakan pesantren pada umumnya ). Sistem ini ditujukan pada dua hal:

1. Mempersiapkan kader-kader agama, yang tidak hanya mumpuni, tapi juga ada sinkronisasi antara yang diucapkan dengan yang diamalkan.
2. Mengajarkan kepada masyarakat tentang beragama yang benar, baik tingkah laku maupun pemahaman ).

Tidak seberapa lama, tepatnya pada tanggal 1 Mei 1962, KH. Abuhasan Asy’ary dipanggil menghadap sang Maha Pencipta. Sepeninggal dia, pesantren dilanjutkan oleh putranya KH. Moh. Choiri Abuhasan dengan dibantu oleh KH. Abdullah Abuhasan serta sanak famili dan para santri senior. Sedangkan metode didalamnya, masih tetap menggunakan system yang digagas oleh Alm. KH. Abuhasan Asy’ary ( sang ayah )

Baru kemudian pada tahun 1978, seiring dengan perkembangan dan tuntutan zaman, metode pengajaran dengan sistem pendidikan formal mulai dilakukan.

Pada tahun tersebut, didirikanlah Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum ( setingkat SLTP ), yang afiliasi pendidikannya mengacu pada Departemen Agama. Sebelumnya, sudah ada Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Islam dan Madrasah Muallimin ( sekolah husus bagi pendidikan guru ).

Sumber:

UPDATE TERBARU