Saturday 5th of October 2024

Berikut Jenis dan Tipe Plat Stainless Steel Beserta Kegunaannya!

×

Berikut Jenis dan Tipe Plat Stainless Steel Beserta Kegunaannya!

--

Jenis dan Tipe Plat Stainless Steel

Plat stainless steel hadir dalam berbagai jenis dan tipe, seperti plat stainless steel 304, 316, dan 430. Setiap jenis memiliki komposisi kimia yang berbeda dan sifat mekanik yang berbeda pula, sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang spesifik.

1. SS 304


Tipe ini termasuk dalam kategori food grade. Apabila ada angka 18/8 atau 18/10, itu menunjukkan bahwa terdapat 18 persen kromium dan 8 persen nikel dalam komposisinya. Karena ketahanannya terhadap karat, tak heran jika tipe 304 ini banyak digunakan dalam industri restoran, hotel, dan juga rumah sakit.

Baca juga: Daftar Harga Seng Gelombang Besi Terbaru dan Terlengkap 2023, Tersedia Semua Ukuran!

Baca juga: Jenis Kuda-kuda Dalam Konstruksi Bangunan, Sering Digunakan Oleh Masyarakat!

Baca juga: Berikut Jenis Pasir Bangunan Kualitas Terbaik, Lengkap dengan Karakteristik dan Fungsi Masing-masing!

2. SS 316

Tipe ini memiliki kandungan kromium sebesar 16% dan nikel sebesar 10%. Selain itu, terdapat tambahan molibdenum (Mo) yang membuatnya tahan terhadap korosi pitting. Seri 316 banyak digunakan dalam komponen mesin, keran, pompa, dan alat industri lainnya, termasuk yang bersentuhan dengan air laut.

3. SS 430

Tipe ini sering dikaitkan dengan istilah monel dan masuk dalam seri 400. Kromium dalam tipe ini sebesar 18%, namun kandungan nikelnya sangat kecil, yaitu 0,75%. Oleh karena itu, komposisinya dapat dikatakan sebagai 18/0. Ketahanan terhadap korosi pada tipe ini juga kurang baik.

4. SS 201

Harga dari tipe ini lebih ekonomis dibandingkan dengan tipe 304. Namun, perlu berhati-hati agar tidak terkecoh. Ketahanan terhadap korosi pada tipe ini lebih rendah daripada tipe 304. Oleh karena itu, penting untuk memastikan jasa kitchen set yang akan dipesan menggunakan tipe 201 atau 304.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait jenis dan tipe plat stainless steel serta kegunaannya yang bisa kalian jadikan panduan sebelum membeli. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Sumber:

UPDATE TERBARU