Saturday 6th of July 2024

Ini Dia Cara Membaca Letak Nomor Registrasi Akta Lahir, Perhatikan Supaya Tak Salah Baca

×

Ini Dia Cara Membaca Letak Nomor Registrasi Akta Lahir, Perhatikan Supaya Tak Salah Baca

--

ASCOMAXX.com - Dokumen akta kelahiran biasanya dibuat berdasarkan laporan kelahiran dari penduduk kepada Disdukcapil. Menurut UU 24/2013 Tentang Perubahan Atas UU 23/2006 Tentang Administrasi Kependudukan, pendaftaran kelahiran selambat-lambatnya dilakukan 60 hari sejak tanggal kelahiran.

Maka dari itu akan kami sampaikan mengenai Cara Membaca letak nomor registrasi akta lahir versi terbaru yang akan kami sampaikan di bawah ini. Kamu bisa baca disini ya untuk informasi lengkapnya.


Baca juga: Cara Baca Soket CDI Untuk Semua Tipe Motor, Belajar Otomotif Jadi Makin Mudah

Baca juga: Intip Kelebihan dan Kekurangan Set Top Box (STB) Matrix, Memperlancar Internet dan Tahan Lama!

Baca juga: Spesifikasi Bermain Game Dragon Raja Untuk HP Android dan IOS , Pastikan HP Kamu Tidak Kentang Ya!

Jika dahulu pengurusan akta kelahiran dilakukan di kelurahan, sekarang pengurusan ini dilakukan langsung di Dinas Kependudukan Catatan Sipil. Satu hal yang perlu diperhatikan, pengurusan akta kelahiran tidak lagi dibuat berdasarkan peristiwa namun diganti berdasarkan domisili (sesuai dengan KTP).

Adapun fungsi akta kelahiran dalam kehidupan sehari-hari sebagai kebutuhan dasar si anak, antara lain untuk mendaftar sekolah, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi, untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), untuk melamar pekerjaan, untuk urusan-urusan terkait pemilikan tanah, untuk pencatatan perkawinan, dan urusan lain yang memerlukan akta kelahiran sebagai salah satu persyaratannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU