Saturday 12th of October 2024

Mengapa Untuk Menghasilkan Listrik Perlu Dibangun Sebuah Bendungan? Ternyata Ini Alasannya!

×

Mengapa Untuk Menghasilkan Listrik Perlu Dibangun Sebuah Bendungan? Ternyata Ini Alasannya!

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai alasan pembangunan bendungan untuk menghasilkan listrik yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Daftar Pemeran Film An Affair to Forget (2022), Nikah Dengan Artis yang Hobi Selingkuh, Kehidupan Pengacara Ini Hancur Lebur

Baca juga: Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang di HP OPPO Terbaru 2023, Penyebabnya Hanya Salah Setting

Baca juga: Contoh Pertanyaan Tes Wawancara PPS Pemilu 2024, Persiapan Agar Bisa Lolos Tes Dengan Mudah

Salah satu fungsi dari bendungan sendiri yaitu sebagai pembangkit listrik tenaga air. Hal tersebut ternyata membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai alasan air harus dibendung dulu sebelum menghasilkan listrik.

Tentang PLTA

Berdasarkan beberapa sumber, pembangkit listrik tenaga air (PLTA) merupakan sebuah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. 

Pada tahun 2015 tenaga air menghasilkan 16.6% total listrik dunia dan 70% dari seluruh energi terbarukan, dan diperkirakan akan naik 3.1% per tahun sampai 25 tahun ke depan.

Sumber:

UPDATE TERBARU