Tuesday 24th of September 2024

Mengenal Tari Indang atau Tari Dindin Badindin: Sejarah, Makna, Gerakan, Kostum dan Properti

×

Mengenal Tari Indang atau Tari Dindin Badindin: Sejarah, Makna, Gerakan, Kostum dan Properti

--

Pola Lantai Tari Indang

Pola lantai Tari Indang adalah pola lantai horizontal dengan bentuk berbanjar sejajar dari sisi kiri ke sisi kanan. Di sisi lain dalam melakukan geraknya, terkadang penari juga menambah pola lantai lain seperti bentuk huruf V dan V terbalik, zig zag, melingkar, hingga pola berpasangan dua atau tiga orang.

Busana dan Tata Rias Tari Indang

Para penari wanita menggunakan busana tradisional khas dari Minangkabau atau Melayu. Kemudian akan ditambahkan berbagai macam aksesoris seperti baju yang sedikit longgar, celana hitam yang juga longgar, hiasan kepala, dan tak lupa juga sarung khas Minang.


Sedangkan untuk penari pria, tidak jauh berbeda dengan penari wanita. Mereka juga memakai baju yang longgar, celana hitam longga, hiasan kepala, dan sarung khas dari Minang.

Properti Tari Indang

Tari Indang juga menggunakan properti khusus seperti busana, aksesoris, dan alat musik pengiring. Baik penari wanita atau pria akan membawa indang sebagai aksesoris.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Vivo Mentok di Logo Akibat Bootloop Tanpa Henti Paling Mudah dan Dijamin 100% Work

Baca juga: Patch eFootball PES 2021 Season 2023 Paling Update, Grafik dan Animasi Baru Seperti Bertanding Nyata

Iringan Tari Indang

Mulanya Tari Indang disajikan dengan menggunakan iringan alat musik perkusi yaitu indang atau ripai. Tetapi terkadang Tari Indang juga memanfaatkan tepukan penari ke badan atau lantai panggung saja.

Kini Tari Indang juga menggunakan berbagai iringan dari beragam alat musik seperti marwas, perkusi, tamborin, biola, piano, dan akordion.

Makna Tari Indang

Pada awal kemunculannya, Tari Indang berfungsi sebagai media dakwah agama Islam. Lantaran ditampilkan dalam perayaan Tabuik, tarian ini kemudian dianggap sakral karena mengandung “sipatuang sirah” atau orang tua yang memiliki kekuatan gaib dalam setiap kelompok penarinya.

Makna Tari Indang yang digunakan sebagai media dakwah melambangkan masyarakat yang bersahaja serta hormat dan patuh dengan perintah agama. Tetapi seiring berjalannya waktu terjadi pergeseran fungsi dan makna Tari Indang yang kini juga digunakan sebagai hiburan masyarakat.

Nah, jadi itulah informasi mengenai mengenal tari indang atau tari dindin badindin khas Pariaman, provinsi Sumatera Barat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Bagaimana menurutmu? Sampaikan pendapatmu melalui kolom komnetar di bawah.

Sumber:

UPDATE TERBARU