Tuesday 24th of September 2024

Mengenal Tari Indang atau Tari Dindin Badindin: Sejarah, Makna, Gerakan, Kostum dan Properti

×

Mengenal Tari Indang atau Tari Dindin Badindin: Sejarah, Makna, Gerakan, Kostum dan Properti

--

ASCOMAXX.com - Di bawah ini akan kami sampaikan mengenai informasi terkait mengenal tari indang atau tari dindin badindin khas Pariaman, provinsi Sumatera Barat yang wajib kamu ketahui. Buat kamu yang sudah tak sabar ingin mengetahuinya, yuk simak selengkapnya artikel berikut ini, ya.

Tarian merupakan salah satu jenis kesenian yang menampilkan gerakan-gerakan indah dan cantik dari setiap anggota tubuhnya. Mulai dari tangan, kaki, bahu, jari, bahkan hingga lirikan mata.


Berbagai gerak tubuh ini berpadu menjadi satu hingga membentuk suatu keindahan.Secara umum unsur utama dalam tari adalah gerakan. Inilah yang menjadi keunikan dalam seni tari, di mana gerakan yang dihasilkan menjadi produk utama yang bisa dinikmati oleh penonton. Tapi, tidak hanya gerak tubuh, terdapat beberapa unsur utama lain yang tak kalah penting.

Baca juga: Inspirasi Desain Plafon Rumah dari Triplek, Tampilan Rapi dan Estetik Bisa Jadi Referensi!

Baca juga: Daftar Harga Triplek Terupdate 2023, Lengkap Untuk Semua Jenis dan Ukuran!

Baca juga: Keunggulan dan Kekurangan Plafon Triplek Untuk Rumah, Ketahui Sebelum Memasangnya!

Tari Indang atau Tari dindin Badindin sendiri merupakan sebuah tarian tradisional khas Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Nama Indang berasal dari Bahasa Minang yang berarti sebuah rebana kecil yang berfungsi untuk mengatur tempo.

Meski tarian ini lebih dikenal sebagai tarian tradisional, namun faktanya Tari Indang adalah bentuk percampuran dari sastra lisan yang disampaikan dengan gerakan dan ditampilkan secara berkelompok.

Dalam pementasannya Tari Indang ditarikan oleh penari yang berjumlah ganjil dan satu orang sebagai tukang dzikir. Tarian indang juga kerap kali ditampilkan untuk acara penyambutan tamu, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Begini selengkapnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU