Thursday 4th of July 2024

Jenis Jenis Warna Biru yang Paling Banyak Ditemui Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Serupa Tapi Tak Sama

×

Jenis Jenis Warna Biru yang Paling Banyak Ditemui Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Serupa Tapi Tak Sama

--

Warna Biru Ternyata Langka

Meskipun warna biru populer dan mudah untuk dilihat oleh banyak mata, tetapi ternyata warna biru jarang terlihat di alam liar. Kita menemukan warna biru seringkali hanya pada laut atau perairan dan langit.

Bahkan, warna biru ini hanya bisa ditemukan pada sepuluh persen dari 300.000 lebih spesies tanaman berbunga di dunia ini. Hal ini karena ada proses kimia dan fisika yang terlibat di dalamnya. 


Pada orang dengan penglihatan normal, sel dalam mata akan mengenali tiga dasar yang dapat ditangkap oleh mata manusia, yakni merah, hijau, dan biru. Oleh sebab itulah, dalam dunia warna, dikenal dengan skala RGB atau red, green, dan blue.

Namun warna biru merupakan warna yang mudah terserap oleh hewan dan tumbuhan. Hal ini mengakibatkan warna biru jarang tersebar atau terpantul ke alam liar. Selain itu, pigmen biru merupakan pigmen yang jarang ada di alam liar.

Dari sisi sejarah, para pelukis menyatakan bahwa warna biru merupakan warna yang memiliki pigmen paling mahal, sehingga warna biru hanya digunakan untuk subjek atau objek yang penting saja.

Baca juga: Inspirasi Perpaduan Warna Cat Teras Rumah Minimalis, Terlihat Elegant dan Menarik!

Baca juga: Download Gambar Komik Simple Anime Full Warna Terbaru 2023, Cocok Untuk Berlatih Menggambar Pemula

Baca juga: Download Gambar Komik Simple Berwarna Paling Keren dan Unik, Inspirasi Bebas Tanpa Batas

Macam-macam Warna Biru

1. Biru Aqua atau Cyan

Warna biru aqua juga dikenal sebagai warna biru cyan, electriccyan, dan waterspout dengan kode #00ffff. Warna aqua ini tersusun atas 0% red, 100% green, 100% blue dalam RGB dan 100% cyan, 0% magenta, 0% yellow, 0% black dalam CMYK. 

2. Biru Light Cyan

Warna biru light cyan memiliki kode hex #e0ffff terdiri atas 87.8% red, 100% green and 100% blue dalam skala RGB. Sementara dalam skala CMYK, warna biru light cyan terdiri atas 12.2% cyan, 0% magenta, 0% yellow and 0% black sehingga dapat dikatakan warna ini merupakan warna murni cyan namun diberi campuran warna merah agar tampak lebih pucat. 

3. Biru atau Blue

Warna biru murni memiliki kode #0000ff dengan nilai RGB 0% red, 0% green, 100% blue dan 100% cyan, 100% magenta, 0% yellow, 0% black. Warna ini disertai dengan kadar 240 derajat sudut warna, saturasi 100%, dan pencahayaan sebesar 50%.

4. Biru Navy

Warna biru navy merupakan warna biru tua yang banyak digunakan sebagai baju agar penggunanya tampak segar dan bersih. Warna navy ini memiliki kode warna hex #000080 dan skala RGB 0% red, 0% green, 50.2% blue. Navy terdiri atas 100% cyan, 100% magenta, 0% yellow, 49.8% black.

Sumber:

UPDATE TERBARU