Saturday 12th of October 2024

Mengenal Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Ada yang Masih Aktif dan Sering Dijadikan Objek Pendakian

×

Mengenal Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Ada yang Masih Aktif dan Sering Dijadikan Objek Pendakian

--


Untuk menambah informasi letak astronomis Pulau Jawa berada di antara 7°50′10″ - 7°56′41″ LS (Lintang Selatan) dan 113°48′10″ - 113°48′26″ BT (Bujur Timur). Posisi tersebut membuat luas Pulau Jawa mencapai 128.297 km2.

Baca juga: Waduk adalah Bendungan yang Dibuat Untuk Keperluan Manusia Berikut Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya yang Beragam

Baca juga: Mengapa Untuk Menghasilkan Listrik Perlu Dibangun Sebuah Bendungan? Ternyata Ini Alasannya!


Baca juga: Proses Pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek, Bakal Jadi Waduk Terbesar di Trenggalek

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung tertinggi di Pulau Jawa serinng disebut dengan seven summits of Java atau 7 puncak tertinggi di Jawa. Daftar gunung tertingi di Pulau Jawa adalah sebagai berikut:

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah gunung berapi berbentuk kerucut yang berada di Provinsi Jawa Timur. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru yang berada di 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

2. Gunung Slamet

Adalah sebuah gunung berapi berbentuk kerucut tipe A yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.432 mdpl dan terletak di antara lima kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah (ketinggian puncak 3.371 mdpl). Gunung ini adalah gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

Sumber:

UPDATE TERBARU