Friday 20th of September 2024

Kelebihan dan Kekurangan Amplifier Class D, Digadang-Gadang Jadi yang Paling Irit Daya di Kelasnya

×

Kelebihan dan Kekurangan Amplifier Class D, Digadang-Gadang Jadi yang Paling Irit Daya di Kelasnya

--

Perbedaan Driver Power Amplifier Class A/B dengan Class D

1. Amplifier Class A/B memiliki sinyal yang langsung di kuatkan dalam bentuk sinyal aslinya.

2. Driver Amplifier Class D sinyal analog yang dihasilkan harus di pecah-pecah dahulu lalu di kuatkan dan setalah itu sinyal akan kembali menjadi sinyal suara dan akan di tingkatkan dengan rangakain L-C pada proses akhirnya.


Baca juga: Tata Cara Membuat Ampli Mini DC 12V Sederhana, Perlancar Bunyi Sound Sistem dengan Mudah

Baca juga: Cara Membuat Ampli Mini DC 12V Paling Mudah dan Praktis, Siapkan Dulu Komponen Berikut!

Baca juga: Fungsi Resistor Pada Power Amplifier OCL 150 Watt Sesuai dengan Jenis-Jenisnya

Kelebihan dan Kekurangan Power Amplifier Antara Class AB dan Class D

Kelebihan power amplifier kelas D terletak pada efisiensinya, dimana efisiensi daya pada power amplifier kelas D berada pada 90-95%. Efisensi tinggi pada power amplifier kelas D diperoleh karena power transistor pada power amplifeir kelas hanya menguatkan sinyal sesuai keperluan saja.

Transistor power tidak mengalami masa transisi, hanya memiliki 2 kondisi yaitu ON dan OFF saja sesuai pulsa PWM yang diberikan. Dalam konsep yang ideal power amplifier kelas D dapat memiliki efisiensi 100%, berkurangnya effisiensi menjadi 90-95% tersebut karena faktor tidak idealnya komponen yang digunakan dan proses conversi kembali dari bentuk PWM menjadi sinusoidal lagi oleh LPF (Low Pass Filter) pada bagian akhir power amplifier kelas D.

Amp kelas D tidak menggunakan alat output secara analog untuk merubah voltage naik atau turun. Amplifier ini menggunakan Mosfet ,yang seperti transistor, tapi bedanya memakai siklus on dan off nya yang sangat cepat,dibanding dengan pada kelas AB yang merubah naik atau turun.

Siklus seberapa sering on versus off akan menentukan berapa besar output dari power ini. Amplifier Class D sangat efisien tetapi sangat terbatas untuk frequency response nya, serta tingkat distorsinya lebih besar dari kelas AB.

Bagaimana menarik bukan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan amplifier class d yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU