Friday 20th of September 2024

Macam-macam Relay Menurut Posisi Awal Dari Kontak Pointnya: Normally Close dan Open

×

Macam-macam Relay Menurut Posisi Awal Dari Kontak Pointnya: Normally Close dan Open

--

ASCOMAXX.com – Kali ini kami sampaikan informasi terkait macam macam jenis relay listrik berdasarkan posisi awal dari kontak pointnya yang harus kamu tahu dan tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Tahukah kamu apa itu relay? Relay adalah saklar elektromekanikal yang digunakan untuk membuka dan menutup rangkaian listirk serta menstimulasi listrik kecil menjadi arus yang lebih besar.


Pada dasarnya relay digunakan sebagai penghubung dan pemutus arus listrik. Elektromagnet yang ada pada relay akan menggerakkan switch. Dengan demikian, arus listrik dengan daya kecil dapat mendistribusikan listrik menuju tegangan yang lebih tinggi.

Terdapat banyak sekali fungsi relay yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali relay digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri pabrik, kebutuhan rumah, dan juga otomotif.

Baca juga: Mengenal Hadits Hasan: Pengertian, Macam-Macam, Syarat, Hukum dan Contohnya

Baca juga: 10 Macam Warna Biru Lengkap Dengan Kode Warnanya, Cocok Buat yang Suka Ketenangan

Baca juga: Macam-macam Satuan Ukuran Tanah Dalam Bahasa Jawa, Ada 7 Istilah dengan Penjelasannya

Cara Kerja Relay

Komponen yang menyusun relay terdiri dari 4, diantaranya yaitu elektromagnetik (coil), armature, switch contact point (saklar), dan spring.

Saklar yang terdapat pada kontak pont sendiri dikelompokkan menjadi 2 macam, yakni normally close (NC) dan normally open (NO).

Saat tegangan listrik mengalir pada sebuah elektromagnetik, maka akan membentuk sebuah medan magnet. Tegangan itulah yang kemudian menjadi sumber daya pada relay.

Sumber:

UPDATE TERBARU