Thursday 19th of September 2024

Penyebab Power Audio Mobil Mati atau Putus-Putus, Simak Ini Sebelum Beli Baru

×

Penyebab Power Audio Mobil Mati atau Putus-Putus, Simak Ini Sebelum Beli Baru

--

Seperti yang kita tahu Power Amplifier berfungsi menguatkan sinyal suara yang berbentuk analog dari sumber suara (Input) menjadi sinyal suara yang lebih besar (Output).

Sumber sinyal suara yang dimaksud tersebut dapat berasal dari alat-alat Tranduser seperti Mikrofon yang dapat mengkonversikan energi suara menjadi sinyal listrik ataupun Optical Pickup CD yang mengkonversikan getaran mekanik menjadi sinyal listrik.

Penyebab Power Audio Mobil Mati atau Putus-Putus dan Cara Mengatasinya


1. Power Ampli Proteksi Aktif

Kemungkinan ada kabel speaker yang koslet atau speaker terbakar kamu perlu lakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Periksa kabel speaker dan speakernya.
  • Pada kebanyakan kasus, speaker protek yang menyangkut kerusakan internal adalah adanya kerusakan/short pada komponen yang ada di modul penguat akhir.
  • Umumnya ada transistor final output yang sudah short/mati, satu atau beberapa damal 1 rangkaian.
  • Mungkin kerusakan transistor ini tak bisa dilihat dengan mata, tapi jika kamu mengerti elektronika kamu bisa mencoba mencopot/unsoldering dan mengetesnya dengan multimeter. 

Baca juga: Perbedaan Amplifier Class D, Class AB, Class T, dan Tabung yang Wajib Kamu Tahu: Jangan Sampai Ketukar

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Amplifier Class D, Digadang-Gadang Jadi yang Paling Irit Daya di Kelasnya

Baca juga: Contoh Soal Uji Kompetensi Jabatan Penyuluh Pertanian Lengkap Dengan Kunci Jawaban dan Kisi-Kisinya Terbaru Tahun 2023

2. Suara Audio Nggebrek/Nggeber/Pecah

  • Bisa jadi daya speaker tak seusai dengan daya power ampli mobil.
  • Kualitas speaker yang rendah. 

3. Power Ampli Mobil Cepat Panas, Bahkan Lalu Mati Sendiri

Gain yang terlalu besar akan menyebabkan kerja transistor final output menjadi berat hingga kepanasan dan akhirnya mati. Untuk itu coba periksa bukaan gain, dan kurangi kalau ternyata memang full mentok – biasanya gain diarah pukul 2 sudah cukup besar.

4. Suara Power Menurun/ Tidak Keras Lagi Seperti Kemarin

Periksa apakah potensio gain masih singset/tidak longgar dengan cara memutarnya-mutarnya. Jika ada suara “kemresek” saat kamu memutar gain, maka bisa jadi masalah disebabkan oleh potensiometer gain yang longgar atau karbonnya sudah hampir habis (meskipun ini kecil kemungkinannya) kecuali Anda terlalu sering memutar gain tersebut.

5. Sekring Putus 

Secara umum ada yang koslet didalam, hingga termasuk TR final yang short. Jika power ampli kamu sudah berumur, mungkin masalah kabel yang longgar dan menyentuh body bisa menjadi penyebabnya.

Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua mengenai penyebab power audio mobil mati. Semoga sedikit banyak bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU