Sunday 6th of October 2024

Skema Pemasangan Relay Power Window Mobil Otomatis, Pasang Sendiri Dengan Tutorial Berikut

×

Skema Pemasangan Relay Power Window Mobil Otomatis, Pasang Sendiri Dengan Tutorial Berikut

--

Kini hampir semua mobil keluaran terbaru sudah menggunakan mekanisme elektronik untuk mengoperasikan kaca pada pintu mobil. Mekanisme ini bernama Power Windows yang mengandalkan tegangan baterai dan motor untuk menaikkan dan menurunkan kaca mobil.

Nah, untuk para pemilik kendaraan lama yang masih menggunakan mekanisme manual dan kepingin merubahnya menjadi power windows maka bisa memberli perangkat power windows dan memodifikasinya untuk dipasang di mobil. Begini informasinya.

Skema Pemasangan Relay Power Window Mobil Otomatis


Umumnya bisa saja power windows mengalami kendala saat dioperasikan. Seperti Power Windows bisa naik namun tidak bisa turun atau sebaliknya, bisa turun tidak bisa naik. Masalah lainnya yang sering terjadi adalah power windows bergerak sangat lambat

Karenanya untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah memasang rilay. Untuk memasang relay ini teranyata ada trik khusus agar proses perbaikkannya berhasil.

Jika ada masalah pada Power Window (PW) biasanya bisa naik dan tidak bisa turun atau sebaliknya, turun lancar dan naik seret atau sebaliknya jika ditekan dari switch pusat (pintu sopir) bisa tapi klo d tekan dari switch yg selain d switch utama tidak bisa/sebaliknya, bahkan tidak bergerak sama sekali ketika tombol switch PW di tekan.

Alat yang wajib digunakan adalah Multimeter/AVO Meter (saran kalau bisa yang menggunakan jenis digital) agar bisa jelas mengetahui nilai nominal biar tegangan in dan out. Bisa saja masalahnya hanya di tegangan INPUT (dari aki/kontak) dan OUTPUT (kaki no 30 pad relay) itu tidak sama bahkan tidak ada tegangan di sisi out nya.

Baca juga: Cara Mendownload Video di Waptrick Gratis dengan Mudah dan Praktis, Nonton Tayangan Kesayangan Tanpa Hambatan

Baca juga: Cara Menghapus Script Skin ML Tanpa Hapus Data Paling Mudah dan Aman, Dijamin 100% Langsung Berhasil

Baca juga: Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Vivo Y12 dan Y12S, Bisa Otomatis, Mudah dan Gak Pake Ribet!

Masalahnya pada kabel yang sudah mengapur, switch power windows kotor, soket-soket kotor dan kabel masa putus/pintu putus ( tidak ada masanya). Berikut ini yang bisa kamu lakukan:

1. Pengecekan tegangan INPUT (dari aki/kontak) dan OUTPUT (Kaki No.30 Relay) harus sama di kisaran 11 - 13V Tergantung kesehatan aki, karena jika tidak sama otomatis kinerja motor power windows tidak akan sempurna.

Misalkan nilai tegangan INPUT 12V sedangkan OUTPUT UP hanya 7V, DOWN 12V, ini yg menyebabkan kaca ketika naik seret/tersendat.

2. Pengecekan tegangan di setiap ujung2 kabel, sambungan, solderan, soket dan switch.

Keterangan kaki Relay :

30 = Ke motor pw/Output (+ dan -)
85 = Masa (-)/Input
86 = Positif (+) dari Switch UP/DOWN /INPUT
87 = Positif (+) dari relay A ke relay B
87a = Masa (-)/Input

Itulah update terbaru mengenai skema dan cara memasang relay power window yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi kali ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.

Sumber:

UPDATE TERBARU