Thursday 19th of September 2024

Resep Cara Membuat Puding Lembut Tanpa Susu, Tetap Lezat dan Lumer di Mulut!

×

Resep Cara Membuat Puding Lembut Tanpa Susu, Tetap Lezat dan Lumer di Mulut!

--

Resep Cara Membuat Puding Tanpa Susu

Bahan-bahan
  • 250 gram ubi ungu
  • 100-150 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk plain
  • Santan instan
  • 900 ml air matang
Langkah-langkah
  1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat puding tanpa susu. Setelah itu, cuci bersih ubi ungu yang sudah disiapkan. Potong-potong menjadi beberapa bagian sebelum dikukus.
  2. Setelah itu, siapkan dan panaskan kukusan. Lalu, masukkan ubi ungu yang telah dipotong-potong ke dalamnya. Kukus ubi ungu selama 15-20 menit atau sampai ubi ungunya empuk.
  3. Jika ubi ungu telah selesai dikukus, pindahkan ke piring dan mulai kupas kulit ubi. Lakukan hingga seluruh ubi terkupas kulitnya. Sisihkan.
  4. Siapkan panci. Masukkan agar-agar bubuk, gula pasir, santan instan, dan air matang. Aduk-aduk hingga semua tercampur dengan rata dan gula larut.
  5. Setelah gula larut, bagi menjadi dua bagian. 400 ml untuk bagian putih dan 500 ml untuk ubi ungu.
  6. Kemudian, masak adonan puding untuk bagian putih dengan menggunakan api sedang. Masak sampai mendidih sambil terus diaduk. Setelah itu, matikan kompor dan terus aduk sampai uap panas hilang dan hangat agar menghindari santan terpisah dari agar-agar.
  7. Siapkan loyang atau cup, tuangkan puding putih ke dalamnya sebanyak setengah bagian. Lakukan sampai semua puding putih habis. Diamkan sampai puding putih set.
  8. Lalu, siapkan blender. Masukkan ubi ungu ke dalam blender. Tuangkan juga adonan puding ke dalamnya. Proses hingga benar-benar halus.
  9. Setelah benar-benar halus, tuangkan ke dalam panci dan masak dengan menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk. Masak sampai muncul letupan di atas permukaan. Jika sudah, matikan kompor dan aduk terus sampai uap panas hilang.
  10. Kemudian, tuangkan puding ubi ungu ke dalam loyang atau cetakan yang telah berisi puding putih. Tuang sampai seluruh puding ubi ungu habis.
  11. Diamkan puding sampai cukup hangat. Lalu, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama beberapa jam hingga dingin. Sajikan puding dalam kondisi dingin.

Baca juga: Resep Membuat Puding Coklat Simpel dan Mudah Recook, Bisa Untuk Ide Jualan Juga Nih!

Baca juga: Resep Cara Membuat Puding Susu Putih Sederhana dan Murah, Dijamin Anak-anak Ketagihan!


Baca juga: 8 Tips Pastel Renyah Meski Sudah Dingin, Auto Kriuk Terus Sepanjang Hari!

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa re-cook di rumah ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU