Tuesday 17th of September 2024

Apa Aliran Pondok Pesantren Tremas Pacitan? Berikut Ulasan Lengkapnya

×

Apa Aliran Pondok Pesantren Tremas Pacitan? Berikut Ulasan Lengkapnya

--

Aliran Pondok Pesantren Tremas

Pondok Pesantren Tremas Pacitan adalah sebuah pesantren dengan identitas salafiyah, tradisional, khas pesantren-pesantren Jawa Timur seperti Sidogiri, dan Langitan. Yaitu fokus pada pendalaman pendidikan diniyah.

Baca juga: Spoiler TV Show Heart Signal Season 4 (2023) Episode 11: Kode Keras dari Yoon Jong Shin


Baca juga: Nonton Series The Summer I Turned Pretty Season 2 Episode 6 Sub Indo Belly dan Gengnya Diusir Dari Rumah Musim Panas Julia

Baca juga: Kumpulan Gambar Luka Lecet Pap Jatuh Dari Motor Terbaru Yang Jarang Digunakan Buat Doi Penasaran

Modelnya yaitu pendalaman kitab-kitab kuning, dengan metode sorogan, yaitu satu persatu menghadap kepada guru untuk mengaji. Metode lain dengan wetonan, yaitu berjamaah mendengarkan pengajian dari kyai untuk mengkhatamkan kitab.

Maka penguasaan bahasa arab menjadi aspek yang paling penting di pesantren ini. Imrithi, hingga alfiyah adalah pelajaran yang wajib dikuasai. Sehingga pendalaman kitab berjalan sempurna.

Ini adalah pesantren untuk menghasilkan kyai atau dai. Karena kitab-kitab yang dipelajari sangat dibutuhkan di masyarakat, terutama kitab fiqh. Budaya bahsul masail pun menjadi tradisi harian.

Jenjangnya tidak murni dengan model ula, wustho, dan ulya. Ada Madrasah Salafiyah Tsanawiyah 3 tahun. Terdapat pula Madrasah Salafiyah Mu’adalah 3 tahun, dilanjutkan dengan Ma’had Aly At Tarmasi.

Sumber:

UPDATE TERBARU