Friday 20th of September 2024

Cara Membuat Anyaman Dari Daun Pisang yang Mudah dan Sederhana Untuk Pelajaran Seni Budaya

×

Cara Membuat Anyaman Dari Daun Pisang yang Mudah dan Sederhana Untuk Pelajaran Seni Budaya

--

Anyaman adalah salah satu produk kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan peralatan dan bahan yang sederhana, seperti rotan dan kulit kayu atau bahkan daun pisang.

Siapa sih yang tak kenal dengan pisang? pisang merupakan buah kesukaan banyak orang. Namun tahukah kamu kalau ternyata daun pisang bisa dibuat untuk media kesenian yang menarik?


Daun pisang adalah daun yang dihasilkan tumbuhan pisang. Daun pisang dalam kuliner Nusantara memiliki peran utama sebagai pendukung dekorasi, pelengkap, dan pengemas bahan makanan.

Anyaman Daun Pisang 

Tak hanya itu daun pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dapat digunakan juga sebagai ramuan herbal. Mereka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, serta dapat menyembuhkan penyakit seperti sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan demam.

Daun pisang merupakan salah satu jenis daun tunggal dan termasuk daun dengan bagian yang sempurna, dimana pada daun pisang terdiri dari pelepah daun, tangkai daun, serta helaian daun.

Daun tanaman pisang berbentuk lanset memanjang, daun memiliki tangkai yang panjang, berkisar antara 30 – 40 cm. tangkai daun ini bersifat agak keras dan kuat serta mengandung banyak air.

Baca juga: Takaran Bumbu Sambal Pecel 1 KG Ala Rumahan Paling Enak, Ikuti Resep Praktis Ini Agar Berhasil

Baca juga: Daftar No WA Cewek Cantik Jomblo SD Terbaru 2023, Perluas Circle Pertemananmu Sekarang Juga!

Baca juga: Spek Minimum Game Tower Of Fantasy di HP Android iOs dan PC, yang Kentang Minggir Dulu

Cara Membuat Anyaman Dari Daun Pisang yang Mudah dan Sederhana

Daun pisang kering memiliki kandungan selulosa 10,85%, hemiselulosa 19,95%, dan lignin 18,21%. Daun pisang memiliki struktur tubuh yang terdiri dari daun yang lebar dan panjang, tulang daun yang berserat dengan bagian tepi daun yang kompak. Ini menjadikannya cocok untuk digunakan sebagai media seni.

  • Pertama, kamu hanya perlu daun pisang yang sudah dipisahkan dari batangnya
  • Lalu kamu perlu memotong daun pisang sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan
  • Potong daun pisang secara vertikal mengikuti pola garis yang sudah ada di bagian belakang daun namun jangan sampai terputus dengan daun lainnya
  • Jika semuanya sudah terpotong lalu ambil bagian paling ujung untuk dianyam melintasi bagian lainnya
  • Lakukan ini hingga daun terakhir bisa masuk ke anyaman.
  • Selesai.

Bagaimana, mudah dan menarik sekali bukan? Jangan lupa praktikkan ya! Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat anyaman dari daun pisang yang mudah dan sederhana. Mudah bukan? Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat, ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU