Friday 20th of September 2024

Sujud Sahwi Adalah: Pengertian, Hukum, dan Dalil tentang Sujud Sahwi

×

Sujud Sahwi Adalah: Pengertian, Hukum, dan Dalil tentang Sujud Sahwi

--

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits dan dikisahkan oleh Abu Sa'id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلاَثًا أَمْ أَرْبَعًا فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلاَتَهُ وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا لأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ

Artinya: "Apabila kalian ragu dalam (jumlah bilangan rakaat) sholat, maka tinggalkan keraguan dan ambilah yang yakin. Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia shalat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya. Lalu jika ternyata shalatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan." (HR. Muslim no. 571).

Baca juga: Rekomendasi Bacaan Komik Webtoon Untuk Anak Kecil, Penuh Makna Mendalam! Dijamin Family Friendly


Baca juga: Tata Cara Sujud Syukur Beserta Rukun, Syarat, dan Bacaan Doanya

Baca juga: Teks Bacaan Ya Sasulullah Salamun Alaik Ya Robbi Asya Ni Waddaroji Versi Arab

Hukum Sujud Sahwi

Hukum melakukan sujud sahwi adalah sunnah. Jadi sholat kamu tidak akan batal jika tidak melakukannya, akan tetapi jika sedang berjamaah dengan imam dan imam melakukannya maka harus ikut melakukannya juga.

Dalil Sujud Sahwi

HR Muslim juga pernah mengisahkan ajaran Rasulullah SAW mengenai sujud sahwi yang berbunyi, “Apabila kalian ragu dalam jumlah bilangan rakaat salat, maka tinggalkan keraguan dan ambillah yang yakin. Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia salat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan salatnya. Lalu jika ternyata salatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan.”

Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU