Thursday 19th of September 2024

Tata Cara Melakukan Sujud Sahwi yang Baik dan Benar, Simak Baik-baik Jangan Sampai Keliru Ya!

×

Tata Cara Melakukan Sujud Sahwi yang Baik dan Benar, Simak Baik-baik Jangan Sampai Keliru Ya!

--

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits dan dikisahkan oleh Abu Sa'id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلاَثًا أَمْ أَرْبَعًا فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلاَتَهُ وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا لأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ

Artinya: "Apabila kalian ragu dalam (jumlah bilangan rakaat) sholat, maka tinggalkan keraguan dan ambilah yang yakin. Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia shalat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya. Lalu jika ternyata shalatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan." (HR. Muslim no. 571).

Baca juga: Contoh Surat Penawaran Paket Meeting Hotel dan Tata Cara Pembuatannya dengan Benar


Baca juga: Tabel Pinjaman UCan Indosat IM3 Terbaru 2023, Dilengkapi dengan Tata Cara Bayarnya Paling Mudah

Baca juga: Contoh Surat Tagihan Proyek yang Baik dan Benar, Dilengkapi dengan Tata Cara Penulisannya

Tata Cara Melakukan Sujud Sahwi

Hukum melakukan sujud sahwi adalah sunnah. Jadi sholat kamu tidak akan batal jika tidak melakukannya, akan tetapi jika sedang berjamaah dengan imam dan imam melakukannya maka harus ikut melakukannya juga.

Nabi Muhammad SAW. Dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang berbunyi, “Setelah Rasulullah SAW menyempurnakan salatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi sebelum salam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sumber:

UPDATE TERBARU