Thursday 19th of September 2024

Skema Preamp Mic IC 4558 Lengkap Dengan Cara Merakitnya, Bikin Audio Speaker Makin Nyus

×

Skema Preamp Mic IC 4558 Lengkap Dengan Cara Merakitnya, Bikin Audio Speaker Makin Nyus

--

Untuk ukuran sendiri lebih besar dibandingkan jenis speaker lainnya. Subwoofer banyak dipilih karena berfungsi untuk mereproduksi dua hingga tiga oktaf terendah dari pendengaran manusia yang dikenal dengan bass atau sub-bass.

Nah, karena itu mari simak pembahasan mengenai cara membuat skema filter subwoofer 4558 sederhana yang sudah kami rangkum sedemikian rupa dalam artikel kali ini agar lebih mudah dipahami. 

Skema Filter Subwoofer IC 4558

Komponen Rangkaian Filter Subwoofer IC 4558


Adapun komponen yang kamu butuhkan untuk membuat rangkaian bass dengan kualitas tinggi menggunakan dual power supply adalah sebagai berikut:

  • Resistor dengan nilai 10K sebanyak 2 buah
  • Resistor dengan nilai 100K sebanyak 2 buah
  • Resistor dengan nilai 22K sebanyak 1 buah
  • Resistor 470 Ohm sebanyak 2 buah
  • Kapasitor 2A 104J sebanyak 2 buah
  • Kapasitor 1 uF 50V sebanyak 2 buah
  • IC 4558 sebanyak 1 buah

Cara Membuat Skema Filter Subwoofer 4558 Sederhana

Rangkaian ini bisa ditambahkan pada tone kontrol yang sudah ada. Apabila tidak ingin suara terpengaruh oleh volume pada tone kontrol utama bisa ditambahkan resistor 22k pada output filter subwoofer dan pada bagian output tone control sebelum masuk ke power amplifier.

Harus menggunakan sistem power suplay simetris, karena lebih powerfull daripada menggunakan tegangan dua arah. Jika menggunakan adjustmen sendiri bisa menggunakan potensio 50k atau samakan dengan tone kontrol utama. Sebelum ke input bisa ditambahkan elko 1 uf 50v.

Baca juga: Tata Cara Membuat Ampli Mini DC 12V Sederhana, Perlancar Bunyi Sound Sistem dengan Mudah

Baca juga: 3 Fungsi Elco Pada Speaker, Penting Banget Buat Filter Sampai Kapasitor Biar Sound Makin Mantap

Baca juga: Cara Menurunkan Tegangan 12V ke 5V Dengan Aman di Aliran Listrik DC, Begini Prosedurnya

Skema Preamp Mic IC 4558

Rangkaian penguat mic ini menggunakan 2 IC 4558 , terdapat beberapa pengontrol nada , ada bass treeble , Effect , gain , juga master volume. Berikut ini untuk lebih jelasnya: 


Rangkaian penguat mic ini membutuhkan catu daya tegangan asimetris +15V -15 Volt DC , anda bisa menggunakan rangkaian in sebagai penguat dan juga untuk memperjelas suara , keluaran ke power amplifier pun juga sangat jernih, cocok untuk digunakan pada lapangan atau ruangan

Sumber:

UPDATE TERBARU