Friday 20th of September 2024

6 Teknik Pembuatan Gerabah atau Keramik, Pilin Menjadi Salah Satunya

×

6 Teknik Pembuatan Gerabah atau Keramik, Pilin Menjadi Salah Satunya

--

3. Teknik Cor (Slip Casting)

Dalam metode ini, cetakan yang terbuat dari bahan lain seperti gips digunakan untuk menciptakan salinan dari wadah yang diinginkan. Tanah liat cair (slip) dituangkan ke dalam cetakan, dan setelah lapisan tipis tanah liat mengering di permukaan cetakan, bagian dalamnya dibuang, meninggalkan salinan wadah yang terbentuk.


4. Teknik Pengecoran (Molding)

Teknik ini melibatkan pembentukan wadah dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari bahan seperti tanah liat, kayu, atau logam. Cetakan ini bisa memiliki bentuk yang rumit dan rincian halus yang tidak mudah dicapai dengan tangan.

5. Teknik Pilin (Coiling)

Teknik ini juga dikenal dalam pembuatan gerabah. Tanah liat dibentuk menjadi gulungan-gulungan panjang dan tipis yang ditarik menjadi bentuk wadah yang diinginkan.

6. Teknik Slipping dan Engobe

Slipping melibatkan penggunaan tanah liat cair (slip) untuk memberi warna dan tekstur pada permukaan gerabah. Engobe adalah lapisan tipis tanah liat yang diterapkan pada permukaan gerabah sebelum pembakaran, sering digunakan untuk memberikan warna atau dekorasi.

Baca juga: Cara Menghitung Weton Menggunakan Neptu, Makna Ratu Topo hingga Pegat

Baca juga: Arti Weton Ketemu 31 Artinya Apa? Capai Kesuksesan Setelah Lewati Cobaan Pernikahan

Baca juga: Keunggulan dan Kekurangan Filter Kolam Ikan Mudah Tanpa Listrik, Jauh Lebih Murah Walaupun Ribet Sedikit

Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga sedikit banyak artikel ini bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU