Monday 2nd of September 2024

Contoh Penggunaan Rumus Slovin dalam Penelitian, dengan Pembahasan yang Lengkap

×

Contoh Penggunaan Rumus Slovin dalam Penelitian, dengan Pembahasan yang Lengkap

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas mengenai salah sau rumus dalam penelitian kuantitatif yakni rumus Slovin. Silahkan simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Dalam suatu penilitian pasti dibutuhkan yang namanya validasi. Setiap penelitian memiliki cara tersendiri untuk membuktikan kevalid-an penelitian itu sendiri. 


Penelitian seringkali memerlukan pengumpulan data dari populasi tertentu. Namun, dalam banyak kasus, tidaklah praktis atau ekonomis untuk mengumpulkan data dari seluruh populasi. Oleh karena itu, digunakanlah sampel, yaitu sebagian kecil dari populasi yang mewakili keseluruhan karakteristiknya. Namun, pemilihan ukuran sampel yang tepat penting untuk memastikan hasil penelitian yang akurat dan dapat dipercaya.

Baca juga: Keunggulan dan Kekurangan Rumus Slovin dalam Suatu Penelitian, Lebih Sederhana dan Mudah Menghitung Populasi Besar

Baca juga: Mengenal Rumus Slovin: Pengertian, Kapan Digunakan, Rumus, dan Contoh Penerapan

Baca juga: Rumus Kimia C3h8 Merupakan Homolog Dari Apa? Ternyata Ini Jawabannya

Nah, dalam penelitian kuantitatif biasanya menggunakan rumus slovin. Apa sih sebenarnya rumus slovin itu?

Mengenal Rumus Slovin

Rumus Slovin, yang dinamakan dari ahli statistik dan matematikawan Slovenia, Leslie Kish, merupakan metode yang umum digunakan untuk menentukan ukuran sampel yang sesuai dengan populasi yang lebih besar.

Rumus ini memungkinkan peneliti untuk menghitung jumlah sampel yang dibutuhkan agar hasil penelitian mencerminkan karakteristik populasi secara akurat.

Sumber:

UPDATE TERBARU