Thursday 27th of June 2024

Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Pengertian Lengkapnya!

×

Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Pengertian Lengkapnya!

--

Ring (Cincin)

Topologi cincin terbentuk saat semua perangkat terhubung membentuk pola cincin atau lingkaran. Setiap workstation menerima data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Kelebihan topologi cincin adalah menghindari benturan data (collision). Namun, jika satu node bermasalah, jaringan keseluruhan terganggu.


Baca juga: Konfigurasi Jaringan Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Smartphone? Simak Jawaban Lengkapnya Disini!

Baca juga: Wifi 5 Mbps Bisa Untuk Berapa Orang Biar Jaringan Tidak Lemot dan Buffering, Begini Penjelasannya

Baca juga: Penyebab Jaringan Telkomsel Gagal Login 2023, Kenali Sebabnya Berikut Ini !

Topologi Jaringan Komputer Ring

Star (Bintang)

Topologi bintang memiliki setiap workstation terhubung langsung ke server atau hub. Keuntungan bintang adalah jika satu workstation bermasalah, jaringan lain tetap berfungsi. Namun, biaya implementasi tinggi karena memerlukan banyak kabel.

Topologi Jaringan Komputer Star

Tree (Pohon)

Topologi Tree menggabungkan elemen-elemen dari topologi Star dan Bus. Struktur jaringan ini menyerupai bentuk akar pohon, di mana hanya perangkat hub yang terhubung langsung ke jalur induk pohon.

Setiap hub berfungsi sebagai titik pusat pohon. Keuntungan dan kerugian Topologi Tree serupa dengan topologi Bus dan Star. Namun, dengan menerapkan jaringan model campuran ini, mendukung perluasan jaringan yang lebih efisien.

Topologi tree

Mesh

Topologi Mesh digunakan saat diperlukan konektivitas yang sangat kuat antara node dalam jaringan komputer.

Setiap perangkat akan terhubung langsung dengan yang lain selama berada dalam jaringan yang sama. Kelebihan Topologi Mesh mencakup komunikasi antar komputer yang lebih cepat dan keamanan yang lebih tinggi. Namun, kekurangannya adalah biaya yang lebih tinggi untuk mengatur kabel-kabel penyambungan.

Topologi Jaringan Komputer Mesh

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai topologi jaringan komputer yang bisa kalian pelajari. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bisa bermanfaat dan membantu kalian dalam pembelajaran.

Sumber:

UPDATE TERBARU