Friday 20th of September 2024

6 Efek Samping Makanan Fermentasi Bisa Bikin Mual Sampai Keracunan Kalau Makan Berlebihan

×

6 Efek Samping Makanan Fermentasi Bisa Bikin Mual Sampai Keracunan Kalau Makan Berlebihan

--

ASCOMAXX.com – Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai keuntungan proses fermentasi makanan yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Fermentasi adalah sebuah proses pemecahan molekul gula menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzim tanpa oksigen. Mikroorganisme dijadikan sebagai sumber makanan karena mikroorganisme dapat tumbuh menjadi dua kali lipat dan juga massa mikroba minimal mengandung 40% protein dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.


Baca juga: Teks MC dan Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus, Peringati Kemerdekaan Lebih Meriah

Baca juga: Contoh Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus Untuk Desa, Kecamatan, Hingga Sekolahan yang Runtut

Baca juga: Rekomendasi Skincare Hanasui Sesuai Usia: Remaja Hingga Dewasa Bikin Kulit Sehat Glowing

Fermentasi adalah suatu proses konversi gula menjadi asam organik atau alkohol. Secara bahasa, fermentasi berasal dari kata ‘fervere’ atau ‘to boil’ yang artinya memasak karena adanya kenampakan seperti proses memasak ketika fermentasi terjadi.

Proses fermentasi melibatkan peran mikroorganisme seperti bakteri, fungi/jamur, dan yeast. Peran ini disebut sebagai katabolisme, yakni perombakan molekul organik berukuran besar seperti polisakarida menjadi molekul kecil seperti monosakarida.

Fermentasi sering digunakan dalam industri makanan, farmasi, dan pertanian. Contoh produk fermentasi pada industri makanan adalah keju, yogurt, kefir, anggur, dan cuka buah. Meski aromanya tajam, namun ini pertanda baik karena bakteri tersebut dapat meningkatkan kesehatan usus.

Sumber:

UPDATE TERBARU