Saturday 29th of June 2024

Cara Menghitung Anggaran Biaya untuk Pembuatan Pondasi Bore Pile Termasuk Material dan Tenaga Kerja

×

Cara Menghitung Anggaran Biaya untuk Pembuatan Pondasi Bore Pile Termasuk Material dan Tenaga Kerja

--

Proses pembuatan bore pile dimulai dengan pemboran lubang vertikal di dalam tanah menggunakan mesin bor. Setelah mencapai kedalaman yang diinginkan, lubang diisi dengan beton bertulang.

Tulangan besi (rebar) yang ditempatkan di dalam lubang memberikan kekuatan tarik pada pile, sedangkan beton memberikan kekuatan tekan. Pada beberapa proyek, dapat pula digunakan bantalan pondasi di bagian bawah pile untuk meningkatkan kapasitas dukungnya.

Cara menghitung volume pekerjaan bore pile


Jumlah pondasi dihitung dalam denah untuk perencanaan pondasi bore pile yaitu: menghitung Panjang total Bored Pile (m)= Kedalaman Pondasi X Jumlah Pondasi.

Harga Bore Pile Jawa Timur

1. Besar kecilnya ukuran diameter bor pile

Jenis ukuran diameter bor pile menggunakan mesin bor mini crane dan gawang bervariasi tergantung kebutuhanyang akan di gunakan: 30 cm, 40 cm, 50cm, 60cm.

2. Kondisi tanah berdasarkan data tanah yang ada

Kondisi tanah juga berpengaruh, untuk pekerjaan pengeboran yang sulit dan menembus batuan atau melewati batas SPT-60 maka dalam proses pengeboranya diperlukan mata bor khusus.

3. Metode bor pile yang di gunakan

Penggunaan metode bor pile wash boring harganya lebih murah daripada menggunakan metode dry boring. Metode dry driling lebih mahal karena lebih tinggi tingkat kesulitanya.

4. Kondisi lapangan

Kondisi lapangan untuk pekerjaan bor pile yang memiliki resiko keamanan lebih tinggi dan sulit dalam proses pengerjaan akan menentukan harga yang lebih tinggi dibandingkan pada lokasi lahan kosong.

5. Jarak pengeboran

Jarak lokasi pengeboran masih lingkup dalam dalam kota harga jasa bor pile masih normal, harga jasa sirkulasi air kerja, biaya pengolahan limbah hasil pengeboran (jika menggunakan metode wet sistem), biaya reinstal alat jika di perlukan dan sebagainya.

Baca juga: Contoh Proposal Pengajuan Dana Pembangunan Masjid Berikut Struktur Penulisan dan Cara Membuatnya

Baca juga: Berikut Perbedaan Pipa Besi Hitam dan Galvanis Dalam Pembangunan, Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan!

Baca juga: Sejarah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Setu Bekasi, Berkontribusi dalam Pembangunan SDA Lebih Agamis

Cara Menghitung Anggaran Biaya untuk Pembuatan Pondasi Bore Pile 

1. Biaya Material Pondasi Bore Pile

Misalnya untuk bangunan rumah ukuran 6 x10 m dibuat 6 buah bore pile dan kedalamannya 4 meter. Kebutuhan material beberapa diantaranya adalah Beton K-300, Besi ulir u23, Pipa Tremi serta casing pelindung, Beugel Besi 08 dan lain sebagainya.

2. Tenaga kerja

Ongkos setiap tenaga kerja harus dicatat. Beberapa ahli yang diperlukan untuk pengerjaan Bore Pile adalah Tukang gali, Tukang Batu, Mandor dan pekerja.

informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua mengenai rekomendasi 6 jasa bore pile Jakarta yang terbaik dan cepat lengkap dengan tarif serta informasi kontaknya. Semoga sedikit banyak artikel ini bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU