Friday 20th of September 2024

Penjernihan Air Dengan Cara Saringan Pasir Lambat Dengan Tahapan Lengkapnya

×

Penjernihan Air Dengan Cara Saringan Pasir Lambat Dengan Tahapan Lengkapnya

--

Tahapan Metode Penjernihan Air Dengan Cara Saringan Pasir Lambat

Metode ini disebut sebagai penjernihan air lambat karena air dialirkan dari lapisan pasir terlebih dahulu baru kemudian melapisi kerikil. sehingga zat atau bakteri yang tidak baik akan tersaring melalui material tersebut sehingga air menjadi bersih.

Saringan pasir lambat merupakan saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan pasir terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan kerikil.


Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat memerlukan beberapa tahapan agar dapat dilakukan dengan baik. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Menentukan lokasi pembuatan saringan pasir lambat
  • Membuat rancangan saringan pasir lambat
  • Pembuatan saringan pasir lambat
  • Pemasangan sistem sirkulasi air
  • Pengujian kualitas air yang terproses dengan metode penjernihan air menggunakan saringan pasir lambat
  • Perawatan saringan pasir lambat.

Baca juga: Contoh Bagan Siklus Air yang Mudah Digambar, Lebih Jelas Untuk Dipahami

Baca juga: Tahapan Siklus Air dari Awal hingga Akhir dan Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Link Baca Manhwa An Alley Story Bahasa Indonesia Full Chapter 1-47 Terjebak di Gang Tua, Yunho yang Jomblo Malah Nemu Jodoh

Tentunya, tahap-tahap tersebut memerlukan waktu dan tenaga yang cukup untuk melaksanakannya. Oleh karena itu, metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat lebih cocok diterapkan pada daerah pedesaan atau daerah yang memang memiliki sumber daya air terbatas.

Nah, itu dia pembahasan singkat mengenai tahapan metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU